Antusiasme Penumpang Melonjak, Ombudsman Dorong BPKA Sulsel Lebih Responsif

Makassar - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulawesi Selatan Ismu Iskandar, menerima kunjungan Kepala Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulawesi Selatan Deby Hospital, dan Kepala seksi pemanfaatan saran dan prasarana, Rachmat Dalu, di Kantor Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan, Kamis (18/9/2025). Pertemuan ini digelar dalam rangka koordinasi dan penguatan layanan publik di sektor perkeretaapian di Sulawesi Selatan.
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan Ismu Iskandar menekankan pentingnya kesiapan BPKA dalam melayani dan merespon keluhan penumpang. "Kualitas pelayanan harus ditingkatkan. Petugas di stasiun harus responsif dan profesional agar setiap keluhan ditangani dengan cepat," ujarnya.
Kepala BPKA Deby Hospital menyampaikan bahwa antusiasme masyarakat terhadap kereta api di Sulsel sangat tinggi, bahkan menjadi daya tarik wisata baru. Peningkatan jumlah penumpang, terutama di akhir pekan, menjadi tantangan bagi BPKA untuk terus menjaga kualitas layanan.
Selanjutnya, Deby Hospital menyampaikan harapannya agar koordinasi dengan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan dapat memberikan masukan konstruktif untuk peningkatan layanan.
"Kami berkomitmen agar pelayanan ke depan semakin baik dan sesuai harapan masyarakat. Masukan dari Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan tentu sangat berarti bagi kami untuk terus berbenah," ungkap Deby.
Kunjungan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam memperkuat sinergi antara BPKA Sulsel dan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Selatan, demi menghadirkan layanan transportasi kereta api yang tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga responsif terhadap kebutuhan masyarakat.








