• - +

Kabar Perwakilan

4 Daerah di Sumbar Buka Sekolah 13 Juli, Ombudsman: Jangan Sampai Jadi Klaster Baru...
PERWAKILAN: SUMATERA BARAT • Senin, 13/07/2020 •
 

SHARE

PADANG, KOMPAS.com - Ombudsman Sumatera Barat meminta pemerintah daerah yang membuka kembali sekolah secara tatap muka pada Senin (13/7/2020) untuk membuat analisa kerentanan penularan Covid-19. Analisa ini dibutuhkan untuk mengantisipasi agar sekolah tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19 di Sumbar. "Jangan sampai jadi klaster baru sekolah. Ini yang perlu dianalisa dan dikaji seberapa siap sekolah dan siswa kembali melaksanakan proses belajar mengajar," kata Kepala Ombudsman Sumbar Yefri Heriani yang dihubungi Kompas.com, Minggu (12/7/2020).

Yefri mengatakan kebijakan mulai sekolah baru tersebut harus melibatkan orangtua siswa dan mendengarkan aspirasi mereka. "Kebijakan ini perlu disosialisasikan. Orangtua siswa ada yang mendukung dan ada juga yang masih was-was terhadap penularan Covid-19. Ini yang perlu disosialisasikan agar kebijakan bisa berjalan baik dan diterima orangtua," kata Yefri. Yefri menilai aturan buka sekolah kembali yang dibuat Kemendikbud cukup ketat sehingga sekolah perlu melengkapi sarana dan prasarananya. Misalnya ketersediaan tempat cuci tangan, alat pengukur suhu, masker tiga lapis dan jarak duduk antar siswa. "Ini perlu dipastikan dulu. Apakah sekolah sudah siap? Kemudian soal protokol kesehatan itu, apakah siswa dan guru sudah mengerti?" kata Yefri.

Yefri ingatkan agar pemerintah daerah tidak coba-coba dalam menerapkan kebijakan buka sekolah baru itu karena risikonya cukup besar. "Analisa dulu dan pastikan semuanya siap baru dibuka. Jangan asal coba-coba, bisa bahaya," kata Yefri. Sebelumnya diberitakan, Sebelumnya diberitakan, empat daerah di Sumatera Barat akan memulai sekolah secara tatap muka pada 13 Juli mendatang. Empat daerah itu berada di zona hijau dari pandemi Covid-19 yaitu Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Pasaman Barat. "Berdasarkan keputusan rapat dengan bupati dan wali kota kemarin. Ada empat daerah yang berada di zona hijau melaksanakan sekolah tatap muka kembali pada 13 Juli mendatang," kata Irwan Prayitno yang dihubungi Kompas.com, Selasa (7/7/2020).


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...