Ombudsman RI Luncurkan Dashboard Monitoring, Fitur Tracking Laporan Masyarakat, dan Website Versi Bahasa Inggris
Siaran Pers
Nomor 10/HM.01/II/2025
Kamis, 6 Februari 2025
Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, dalam sambutannya pada Kamis (6/2/2025), menegaskan pentingnya pengelolaan data laporan masyarakat secara profesional. "Kami ingin menginformasikan kepada seluruh pemangku kepentingan bahwa kini tersedia fiturTracking Laporan Masyarakat untuk memudahkan pemantauan laporan. Selain itu, kami juga memperkenalkan Website versi Bahasa Inggris, yang diharapkan dapat mempermudah akses informasi, khususnya bagi masyarakat internasional," ujar Najih.
Dashboard Monitoring Penyelesaian Laporan Masyarakat memungkinkan pemantauan progres penyelesaian laporan masyarakat secara lebih sistematis dan transparan. Sedangkan fitur Tracking Laporan Masyarakat bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melacak status laporan mereka secarareal-time.
Peluncuran dashboard ini sejalan dengan Keputusan Menteri Bappenas tentang Penetapan Data Prioritas Tahun 2024, di mana data laporan masyarakat Ombudsman RI telah ditetapkan sebagai bagian dari Data Prioritas Nasional.
Pada kesempatan ini, Ketua Ombudsman RI juga menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam pengembangan sistem serta fitur yang diluncurkan, seperti Kementerian PPN/Bappenas, Satu Data Indonesia, dan Badan Pusat Statistik (BPS). Kolaborasi ini diharapkan terus mendukung pengelolaan data yang optimal guna meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Sebagai bagian dari perayaan 25 tahun lembaga ini berdiri, Ombudsman RI juga meluncurkan logo dan tagline baru yang mencerminkan semangat penguatan pengawasan pelayanan publik di Indonesia. Tagline"Memperkuat Pengawasan, Menghadirkan Keadilan dalam Pelayanan Publik", yang menjadi simbol komitmen Ombudsman RI untuk menjalankan tugas pengawasan pelayanan publik secara profesional, independen, dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.
Acara peluncuran ini menegaskan komitmen Ombudsman RI dalam menyediakan layanan publik yang efektif, transparan, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan semangat inovasi, Ombudsman RI akan terus memperkuat pengawasan guna memastikan keadilan dalam pelayanan publik. (*)
Narahubung :
Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Teknologi Informasi
Sekretariat Jenderal Ombudsman RI
Dodi Wahyugi S.T., M.Si
(0813-1757-5168)