Forum Tematik Bakohumas Ombudsman RI 2019 Tema: Keterbukaan Informasi Dalam Pelayanan Publik di Era Industri 4.0
Sebagai
garda terdepan dalam penyampaian informasi kepada publik, Humas
Pemerintah mempunyai peran penting dalam membuka ruang bagi publik untuk
mendapatkan akses informasi publik. Adanya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan
Informasi Publik,
merupakan pendorong bagi Humas Pemerintah untuk menjalankan fungsi
dan tugasnya dalam memberikan informasi, penerangan, dan pendidikan kepada
masyarakat tentang kebijakan, aktivitas, dan langkah-langkah pemerintah secara
terbuka, transparan, jujur dan objektif.
Keterbukaan
Informasi Publik
merupakan langkah strategis dalam mengawal dan mewujudkan tata kelola negara
yang bersih, profesional dan berwibawa, serta mengembangkan
tatanan masyarakat informasi yang sehat.
Forum Tematik
Bakohumas Ombudsman RI untuk Tahun 2019 dilaksanakan di Hotel
Aryaduta Jakarta pada Selasa 23 April 2019 . Tema yang diangkat adalah"Keterbukaan
Informasi dalam Pelayanan Publik di Era Industri 4.0" dengan narasumber:
a) Anggota Ombudsman RI, Ahmad Alamsyah Saragih, menyampaikan tugas, fungsi dan wewenang Ombudsman dalam pengawasan pelaksanaan pelayanan publik, serta perspektif Ombudsman tentang peran Humas dalam menjalankan Keterbukaan Informasi Publik dalam kerangka pelayanan publik.
b) Ketua Komisi Informasi Pusat, Gede Narayana, menyampaikan materi terkait Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, data sengketa informasi, serta masukan kepada para Humas Pemerintah terkait Keterbukaan Informasi Publik.
c) Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, Prof. Ibnu Hamad, menyampaikan perspektif akademis terkait peran Humas Pemerintah, sesuai dengan Keterbukaan Informasi Publik dalam menghadapi era industri 4.0.
# | Nama file | Ukuran | |
---|---|---|---|
1 | Paparan Prof. Dr. Ibnu Hamad, M.Si_Guru Besar Ilmu Komunikasi UI_Humas di Era 4.0.pdf | 518.5 KB | Unduh Lihat |
2 | Paparan Drs. Gede Narayana, SE, M.Si_Ketua KIP_Keterbukaan Informasi Publik.pdf | 8.5 MB | Unduh Lihat |
3 | Paparan Ahmad Alamsyah Saragih, SE_Anggota Ombudsman RI_Ombudsman dan Pengawasan Pelayanan Publik.pdf | 1.6 MB | Unduh Lihat |