Seminar Propartif Ombudsman RI •
Rabu, 27/11/2019
Seminar Nasional Pemenuhan Standar Pelayanan Publik Dalam Ra...
Ombudsman Republik Indonesia menyelenggarakan
seminar nasional bertajuk "Pemenuhan
Standar Pelayanan Publik Dalam Rangka Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang
Progresif dan Partisipatif" pada Rabu (27/11/2019) di Grand Ballroom Hotel JS
Luwansa, Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan. Seminar ini merupakan
serangkaian dari acara "Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tahun 2019" kepada
Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Acara akan dibuka oleh Menteri
Koordinator Bidang
Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD dan dihadiri oleh beberapa Menteri, Pejabat Tinggi, Walikota dan Bupati.Â
Anggota Ombudsman RI, Dadan Suparjo Suharmawijaya
menjelaskan metode Propartif diperkenalkan kepada perwakilan penyelenggara
pelayanan publik baik tingkat kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah
dalam rangka penguatan kelembangaan unit pengelolaan pengaduan pelayanan publik
di instansinya masing-masing. Metode ini merupakan metode penanganan laporan
masyarakat yang diadopsi dari Kantor Ombudsman Belanda yang asalnya bernamaFair Treatment Approach (FTA).
Sejak pertengahan tahun 2019 ini telah dilakukan
pelatihan propartif di seluruh Kantor Ombudsman RI baik di pusat maupun di 34
Kantor Perwakilan yang melibatkan para Kepala Perwakilan, Asisten Ombudsman dan
bahkan dari Sekretariat Jenderal. "Dengan harapan pelatihan ini dapat
memperkayaskill atau kemampuan
khususnya bagi para
Asisten Ombudsman (investigator) dan Insan Ombudsman dalam kaitannya untuk
menyelesaikan laporan masyarakat dengan efektif dan efisien," jelas Dadan di
Kantor Ombudsman, Selasa (26/11/2019).
Dua tema yang akan dibahas dalam seminar tersebut adalah
"Perbandingan
Praktek Baik PenerapanFair Treatment
Approach (FTA) - Propartif di Negara Belanda dan Indonesia" serta
"Penerapan Propartif dalam
Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik". Adapun narasumber yang dijadwalkan
hadir adalah Investigator Ombudsman Belanda,Center for International Cooperation Vrije University Amsterdam
(CIS VU),Van Vollenhoven Institute
Leiden, Center for Conflict Resolution (CvC). Selain itu hadir pula
narasumber dari Pusat Mediasi Nasional Fahmi Shahab, Deputi Bidang
Pemantauan, Evaluasi,
dan Pengendalian Pembangunan Kementerian Perencanaan Pembangunan
Nasional, Â Dr. Ir. Taufik Hanafi dan Kepala Perwakilan Ombudsman
Sulawesi Tengah Sofyan Farid Lembah.
Peserta kegiatan ini merupakan perwakilan dari internal
Ombudsman RI antara lain para pimpinan Ombudsman RI, Kepala Perwakilan
Ombudsman RI dari 34 Provinsi, Asisten Ombudsman RI baik Pusat maupun Kantor
Pewakilan serta Sekretaris Jenderal Ombudsman RI beserta jajaran. Adapun
peserta eksternal merupakan tamu dari Kerajaan Belanda yang merupakan mitra
proyek antara lain Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, International Law
Development Organization (IDLO),Netherland
Ombudsman, Van Vollenhoven Institute dari Leiden University, Vrije University,
Center For Conflict Resolution (CVC), Pusat Mediasi Nasional (PMN) dan
jajaran Mitra IDLO lainnya. Serta turut mengundang perwakilan dari Kementerian,
Lembaga dan Pemerintah Daerah sebagai penerima Penghargaan Predikat Kepatuhan
Standar Pelayanan Publik Tahun 2019. Tak lupa perwakilan dari Lembaga Swadaya
Masyarakat, Akademisi dan Media Massa. (*)