• ,
  • - +
Survei Kepatuhan Mendorong Peningkatan Kualitas Pelayanan
Kabar Ombudsman • Selasa, 22/10/2019 •
 

Lombok Barat - Ombudsman RI menggelar Workshop Akhir Survei Kepatuhan Tahun 2019 di Kabupaten Lombok Barat, Selasa (22/10). Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Ombudsman penanggung jawab Survei Kepatuhan dari Perwakilan Ombudsman seluruh Indonesia. Pada workshop yang akan berlangsung selama 4 hari ini hasil survei kepatuhan tahun 2019 akan difinalisasi sebelum diserahkan ke masing-masing kementerian, lembaga, dan pemda yang disurvei.

Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Nusa Tenggara Barat, Adhar Hakim menyatakan bahwa Survei Kepatuhan memberikan hasil yang belum terekspos. Salah satunya adalah masyarakat semakin mudah memperoleh perizinan sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat. "Dengan survey kepatuhan ini maka beberapa elemen kerja di sektor perizinan menyumbang angka PAD. Sebelumnya mereka sulit mencapai 70% dari target, sekarang sudah mencapai 115% dari target," tuturnya.

Adhar menambahkan bahwa pelayanan di Indonesia masih asing dengan karakter melayani. Maka peningkatan PAD karena adanya peningkatan kualitas pelayanan merupakan hal fundamental yang berhasil Ombudsman dorong. "Kita sudah berbuat lebih dengan membuat sistem seperti Survei Kepatuhan ini," jelasnya saat mengakhiri sambutan.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...