• - +
Rakernas Ombudsman, Dua Dekade Ombudsman Mengawal Pelayanan Publik
Kabar Ombudsman • Senin, 02/03/2020 •
 
Pimpinan Ombudsman RI menyanyikan lagi Indonesia Raya pada saat Pembukaan Rakernas Ombudsman Tahun 2020 di Jakarta (2/3/2020). (Foto oleh Zaenal)

SHARE

Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional dengan tema "Dua Dekade Ombudsman Mengawal Pelayanan Publik" di Jakarta 2-6 Maret 2020. Rakernas ini dihadiri oleh seluruh Pimpinan Ombudsman, Sekretaris Jenderal, Kepala Perwakilan, Asisten Pusat dan Perwakilan, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, serta Pejabat Pengawas di lingkungan Ombudsman RI.

Ketua Ombudsman RI Prof. Amzulian Rifai mengungkapkan bahwa tahun 2020 sangat penting dan strategis bagi Ombudsman RI. Pertama, pada bulan ini 20 tahun yang lalu dibentuk Komisi Ombudsman Nasional sebagai cikal bakal Ombudsman. Selama dua dekade tersebut Ombudsman mengalami perkembangan yang ditandai dengan pemberitaan yang makin meningkat dan jumlah pengaduan yang terus bertambah.

Kedua, tahun ini merupakan tahun pertama pelaksanaan RPJMN tahun 2020-2024. Ombudsman mendukung pencapaian pembangunan nasional khususnya agenda pembangunan ke-7, yaitu stabilitas politik hukum pertahanan keamanan dan transformasi pelayanan publik pada agenda reformasi birokrasi dan tata kelola. Dan yang ketiga adalah tahun ini merupakan tahun terakhir keanggotaan Ombudsman periode tahun 2016-2021.

"Mengingat strategisnya tahun 2020, mari kita meningkatkan kapasitas, menjaga independensi, dan integritas untuk menghasilkan kinerja terbaik. Jangan pernah menyerah dengan berbagai tantangan yang ada. Kita tidak boleh menyerah untuk menghadirkan pelayanan publik yang lebih adil dan lebih pasti sebagaimana diimpikan oleh masyarakat Indonesia melalui para Insan Ombudsman," imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Ombudsman RI Suganda Pandapotan Pasaribu menyampaikan tujuan Rakernas adalah melakukan evaluasi capaian kinerja Ombudsman, melakukan sinkronisasi kegiatan pusat dan perwakilan untuk mencapai target pengawasan pelayanan publik, serta melakukan diseminasi rancangan, peraturan dan kebijakan dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan pelayanan publik.

"Agenda Rakernas kali ini adalah koordinasi atas kendala-kendala yang dialami dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasan publik sekaligus dirangkaikan dengan Peluncuran Laporan Tahunan 2019," urainya saat menyampaikan laporan kegiatan. (NI)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...