• ,
  • - +
Ombudsman RI Terima Audiensi Kementerian Dalam Negeri Kamboja
Kabar Ombudsman • Kamis, 24/11/2022 •
 
Pertemuan dengan Kementerian Dalam Negeri Kamboja, Kamis (24/11/2022)

JAKARTA - Wakil Ketua Ombudsman RI, Bobby Hamzar Rafinus dan jajaran menerima secara langsung kunjungan Kementerian Dalam Negeri Kamboja pada Kamis (24/11/2022) di Kantor Ombudsman RI, Jakarta.

Pada pertemuan ini, Bobby menyampaikan bahwa Ombudsman RI mengapresiasi kunjungan yang dilakukan. "Kami merasa terhormat atas dilaksanakannya kunjungan ini sebagai suatu wadah diskusi perihal peran Ombudsman RI dalam tata negara pemerintahan di Indonesia," jelas Bobby dalam sambutannya.

Menambahkan, Bobby mengatakan bahwa Ombudsman RI pada awal November lalu baru saja menerima jabatan sebagai Ketua dan Sekretariat South East Asian Ombudsman Forum (SEAOF), yakni forum kerja sama Ombudsman regional wilayah Asia Tenggara periode 2022-2024. Harapannya, melalui pertemuan ini, dapat dilakukan pembahasan dan tindak lanjut bagi Pemerintah Kamboja untuk dapat bergabung di dalamnya.

General Director of Administration Ministry of Interior, Prak Sam Oeun menjelaskan tujuannya dalam pertemuan ini.

"Kami ingin mencari tahu dan belajar best practice kinerja Ombudsman RI, khususnya terkait penyampaian dan cara penyelesaian laporan masyarakat untuk diimplementasikan di Kamboja," jelasnya.

Sebagai pengantar, Prak juga menjelaskan kondisi Ombudsman di negaranya. "Di Kamboja kami memiliki Ombudsman, namun di tingkat Provinsi dan Kabupaten, sedangkan di Indonesia ada Ombudsman Pusat dan di wilayah Provinsi," jelas Prak. "Oleh karenanya, Pemerintah Kamboja ingin mempelajari secara lebih lanjut proses bisnis di Ombudsman RI sebagai bahan perbaikan pelayanan publik di Kamboja."

Adapun pertemuan ini dilakukan dengan tujuan:

  1. Mempelajari regulasi pembentukan dan operasional Ombudsman RI;
  2. Memperdalam pemahaman tentang proses penerimaan pengaduan, investigasi dan penyelesaian pengaduan, terutama dalam memberikan feedback dan tindakan disiplin;
  3. Mempelajari fungsi dan prosedur pelayanan multi-sektoral untuk merespon kekerasan berbasis gender dan layanan administrasi di Sub-National Administration;
  4. Mengidentifikasi faktor pelayanan publik yang efektif, serta best practices bagi Kamboja.

Pada pertemuan ini, hadir dari Kementerian Dalam Negeri Kamboja: General Director of Administration, Prak Sam Oeun; Deputy Secretary General of Urban Solid Waste Management Committee and Director of Department of Function and Resource, Buon Heng; Adviser, Douk Nareth; Deputy Director General of the General Department of Internal Audit, Ma Nirith; Director of the Department of Integrity and Governance, Heng Sophat; Deputy Director, Department of Functions and Resources, Ung Keorattanak; dan pejabat lainnya. (HA/MIM)





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...