Ombudsman RI Harapkan Pemkab Banyumas Konsisten dalam Pelayanan
PURWOKERTO - Setelah melakukan monitoring pelayanan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih bertemu dengan Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro di Ruang Pertemuan Pemkab Banyumas, Rabu (7/8/2024).
Dalam pertemuan ini, Najih menyampaikan respons positif atas pelayanan yang diberikan di MPP Banyumas. "Kami mengpresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kabupaten Banyumas," jelas Najih. Meskipun demikian, Najih menekankan bahwa yang menjadi tantangan adalah konsistensi, dimana walaupun Pemimpinnya berbeda, maka pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan tetap sama atau tidak berubah.
Menanggapi, Hanung menyampaikan bahwa hingga saat ini pihaknya telah melakukan terjun langsung menyelenggarakan pelayanan dan intervensi atas kondisi masyarakat. "Kami hadir di tengah masyarakat untuk melihat kondisi yang ada dan mengeliminasi keluhan masyarakat yang bisa ditangani," ungkapnya.
Hanung juga mengatakan bahwa aduan masyarakat paling banyak adalah soal infrastruktur dan lampu. "Soal jalan rusak, lampu mati itu semua paling banyak dilaporkan masyarakat. Terkait itu, kami sebisa mungkin melakukan penanganan dengan cepat sesuai dengan laporan yang disampaikan," lanjutnya.
Berdasarkan Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun 2023, Kabupaten Banyumas meraih Zona Hijau Kualitas Tertinggi sekaligus sebagai pemegang peringkat ketujuh nasional dengan nilai 96,98 tingkat Pemerintah Kabupaten. (MIM)