• - +
Ombudsman dan Komnas HAM Diskusi Soal Akuntanbilitas dan Partisipasi Penyusunan Omnimbus Law
Kabar Ombudsman • Jum'at, 31/01/2020 • nurul_istiamuji
 

SHARE

Jakarta - Anggota Ombudsman RI Alamsyah Saragih menjadi salah satu pembicara pada Diskusi Publik dengan tema "Akuntabilitas dan Partisipasi dalam Penyusunan Omnibus Law" di Ruang Media Center Gedung Komnas HAM, Kamis (30/1). Diskusi yang juga dihadiri oleh Komisioner Komnas HAM M. Choirul Anam tersebut berfokus pada proses penyusunan Omnibus Law yang seharusnya menyertakan partisipasi masyarakat dan dampak pembuatan Omnibus Law terhadap perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia masyarakat Indonesia.

Alamsyah berpendapat bahwa penyusunan Undang-Undang harus melibatkan publik. "Seorang policy maker yang menyusun regulasi dalam bernegara itu tahu persis bahwa partisipasi itu bukan untuk mengakomodir semua kepentingan. Tapi bukankah perumusan itu harus melibatkan banyak pihak?" tambahnya.

Hingga saat ini Ombudsman belum mendapat sumber formil resmi draf Omnibus Law tersebut. "Belakangan ini banyak sekali orang bertanya ke Ombudsman. Saya selalu bilang bahwa saya tidak memiliki kepentingan sampai ada yang bertanya. Saya bilang juga, saya tidak tahu apa yang ada di dalam pikiran pihak yang dituju oleh pemerintah untuk merancang ini," ujarnya. (mg08/NI)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...