• ,
  • - +
Ombudsman Bakal Panggil Menkumham Terkait Dengan Temua Fasilitas Mewah Setnov
Kliping Berita • Selasa, 31/12/2019 •
 
indopolitika.com

INDOPOLITIKA.COM- Temuan Ombudsman soal adanya fasilitas khusus Napi Korupsi Setya Novanto di Lapas Cipinang berbuntut panjang. Ombudsman berencana memanggil Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly dan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kemenkumham, Sri Puguh Budi Utami, untuk dimintakan keterangannya.

Komisioner Ombudsman RI Adrianus Meliala mengatakan, pemanggilan itu akan dilakukan pekan depan. Ombudsman ingin mereka mengklarifikasi sel mewah yang ditemukan atas nama Setya Novanto

"Minggu depan kami undang (panggil)," katanya kepada Indopolitika.com

Komisioner Ombudsman lainnya Ninik Rahayu menambahkan, mereka tetap akan memberi saran kepada Kemenkumham atas temuan itu. Rencananya, awal Januari 2020, para komisioner akan berkumpul untuk membahas saran dan rekomendasi yang akan diberikan kepada Kemenkumham.

"Pertengahan Januari kita baru akan ada pertemuan," ungkapnya.

Sebelumnya, Anggota Ombudsman Ninik Rahayu bersama tim melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lapas Cipinang dan menemukan ada ruang tahanan khusus untuk Setya Novanto. Ninik menjelaskan blok tersebut terdaftar atas nama Setnov. Namun, yang bersangkutan sedang berobat ke RSPAD. Dia menggambarkan bahwa ruangan khusus Setnov tersebut diperuntukkan hanya untuk satu orang dan dilengkapi toilet duduk meski tanpa televisi.

Dia mengatakan dalam sidak tersebut dirinya menemukan ruang tahanan dibagi dua, yaitu blok untuk tahanan yang membutuhkan perhatian khusus dan pembinaan khusus.

Ninik juga menanyakan kualifikasi seorang tahanan ditempatkan di blok khusus tersebut, termasuk Setyanov. Di saat yang sama, napi di blok lainnya berjubel dalam satu sel. Pihaknya ingin memastikan tidak ada diskriminasi bagi para tahanan di Lapas Cipinang.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...