• - +
Lakukan Rapat Koordinasi, Ketua Ombudsman: Ini Adalah General Check Up
Kabar Ombudsman • Selasa, 20/04/2021 •
 
Anggota Ombudsman bersama Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Bappenas

Jakarta - Ombudsman RI melakukan rapat koordinasi "Strategi Perencanaan dan Penganggaran Program Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Program Dukungan Manjemen" pada Selasa-Kamis (20-23/04/2021) di Jakarta. Rapat ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua serta Anggota Ombudsman bersama seluruh Kepala Biro dan Kepala Keasistenan. Adapun kegiatan ini selain dilaksanakan secara langsung dengan penerapan protokol kesehatan juga diikuti oleh seluruh peserta secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih menjelaskan bahwa rapat koordinasi seperti ini merupakan ritual secara fisik dan bentuk konsolidasi dalam koordinasi untuk melakukan general check up pada seluruh komponen dalam lembaga.

"Kelembagaan seperti tubuh manusia yang terdiri dari beberapa bagian. Bagian dari lembaga inilah yang berperan penting seperti beberapa biro dan keasistenan pada berbagai bidang. Organ kepala seperti halnya organ yang mengatur koordinasi untuk menggerakan segala bidang agar dapat menjalan tugas dan wewenang," tutur Najih.

Hartoyo selaku Plh. Sekretaris Jenderal dalam penyampaiannya memaparkan beberapa capaian Ombudsman RI. Diantaranya adalah capaian Indikator Sasaran Strategis (ISS) dengan sasaran Terwujudnya Pengawasan Pelayanan Publik Yang Berkualitas dengan indeks persentase capaian 110%. Sedangkan pada Indikator Sasaran Program (ISP), nilai tertinggi 106,25 % didapatkan pada indikator Indeks Kepuasan Pengguna Layanan Pengguna Informasi, capaian Indikator Keluaran Program (IKP) tertinggi pada Indikator Efisiensi Waktu Penyelesaian Laporan dengan persentase 181,11 %, capaian nilai kinerja anggaran TA 2020 adalah 96,99%, dan realisasi perkegiatan tertinggi pada Sumber Daya Manusia Perlengkapan dan Kerumahtanggaan (98,57%).

Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Bappenas, Taufik Hanafi, selaku narasumber memaparkan bahwa Rapat Koordinasi ini sebagai konsolidasi sekaligus review dan evaluasi seluruh program Ombudsman RI. Taufik juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan langsung kepada Ombudsman RI karena telah melakukan langkah-langkah cepat untuk penyesuaian yang salah satunya dengan dilakukannya perubahan cara-cara strategis Ombudsman RI.

Selanjutnya, Taufik berharap bahwa kerja sama Ombudsman RI dengan Bappenas dapat terus berjalan dengan baik, "Kami berharap kerja sama kami berjalan dengan terus bertahan dan kota tingkatkan" jelasnya.

Selain itu, Taufik juga berharap dengan adanya rapat koordinasi ini ke depannya agar Ombudman RI dapat mengawasi pelayanan publik dengan maksimal. "Dengan adanya nilai ini tentu juga menutup adanya berbagai inflasi-inflasi untuk memastikan bagaimana suatu pelayanan publik terjadi tidak hanya di tingkat pusat tapi juga di daerah bisa berjalan dengan baik" tutupnya.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...