• - +
Ketua Pansel Calon Anggota Ombudsman Periode 2021-2026 Umumkan Hasil Seleksi Administrasi
Kabar Ombudsman • Selasa, 01/09/2020 • yemima_dwi
 

SHARE

Jakarta - Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Ombudsman RI Masa Jabatan Tahun 2021-2026, Chandra M. Hamzah mengumumkan hasil seleksi tahap pertama (Seleksi Administrasi) pendaftaran Calon Anggota Ombudsman RI melalui konferensi pers daring pada Selasa (1/9/20).

Dalam paparannya disebutkan bahwa sejak masa pendaftaran dibuka pada 27 Juli 2020 hingga 18 Agustus 2020, jumlah pendaftar mencapai 464 (empat ratus enam puluh empat) orang. Pendaftar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi sebanyak 298 (dua ratus sembilan puluh delapan) orang.

Dijelaskan pula, pendaftar yang tidak lolos antara lain karena tidak memenuhi persyaratan:
- rentang waktu usia: berusia paling rendah 40 (empat puluh) tahun dan paling tinggi 60 (enam puluh) tahun terhitung pada saat pendaftaran;
- ketentuan pendidikan: sarjana hukum atau sarjana bidang lain yang relevan;
- keahlian dan pengalaman sekurang-kurangnya 15 (lima belas) tahun dalam bidang hukum atau pemerintahan yang menyangkut penyelenggaraan pelayanan publik.

"Berdasarkan sebaran provinsi, Jawa Barat memegang rekor peringkat tertinggi peserta yang lolos Seleksi Administrasi, yakni 66 orang. Tapi kalau dilihat dari sebarannya, cukup merata", jelas Chandra.

Nama-nama pendaftar yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi akan diumumkan mulai hari ini, Selasa, 1 September 2020 melalui website Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id). Selanjutnya pendaftar yang lulus Seleksi Administrasi akan melanjutkan tahapan kedua, yakni Seleksi Kualitas dengan dua tahap, yaitu Objective Test dan Pembuatan Tulisan.

"Perlu diketahui bahwa Tes Kualitas ini akan dilakukan secara online (daring). Seluruh peserta yang lolos Seleksi Administrasi bisa di tempat masing-masing karena tes akan dilakukan secara daring ", lanjutnya.

Dari total 298 peserta yang lolos Seleksi Administrasi, akan disaring menjadi 72 orang yang memiliki nilai tertinggi secara kumulatif baik dari tes maupun penulisan makalah. Adapun ketentuan pelaksanaan Seleksi Kualitas secara daring lebih lanjut diatur oleh Standar Operasional Prosedur Seleksi Kualitas secara daring Calon Anggota Ombudsman Republik Indonesia Masa Jabatan Tahun 2021-2026 yang akan dijelaskan pada Technical Meeting yang dilaksanakan pada tanggal 9, 10, dan 11 September 2020.

Chandra juga menginformasikan bahwa dari total 9 orang Anggota Ombudsman Masa Jabatan 2016-2020, terdapat 6 Anggota yang mendaftar kembali. Nama-nama tersebut adalah Prof. Adrianus Meliala, Ahmad Suadi, Alvin Lie, Dadan Suharmawijaya, Laode Ida, dan Ninik Rahayu.

Dalam paparannya, Chandra mengaku cukup terkejut ketika mengetahui antusiasme peserta untuk mengikuti seleksi Calon Anggota Ombudsman RI Masa Jabatan 2021-2026. "Jumlah pendaftar cukup banyak, agak surprise ya untuk Panitia Seleksi. Sebarannya juga cukup merata, meng-cover dari Sabang sampai Merauke, dan dari sebaran pendidikan juga banyak", tutupnya. (ydk)





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...