Ketua Ombudsman RI Kunjungi Balai POM Bengkulu, Apresiasi Pelayanan dan Fasilitas
BENGKULU - Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih melakukan kunjungan kerja ke Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu dalam rangka meninjau pelayanan serta fasilitas yang tersedia. Dalam kunjungannya, Ombudsman RI menilai bahwa pelayanan yang diberikan oleh BPOM secara nasional sudah berjalan dengan baik, yang tergambar dari Hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, diharapkan standar pelayanan serupa juga diterapkan di daerah, termasuk di Bengkulu.
"Fasilitas di kantor sangat baik dan rapi, menunjukkan semangat dan etos kerja yang baik oleh teman-teman di Balai POM Bengkulu," ujar Najih yang didampingi Pjs. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bengkulu, Jaka Andhika, serta Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bengkulu terpilih, Mustari Tasti, saat melakukan peninjauan langsung pada Kamis (30/1/2024) di Kantor BPOM Bengkulu.
Najih juga mengapresiasi komitmen BPOM Bengkulu dalam menyediakan fasilitas ramah disabilitas, seperti loket khusus, toilet, ruang tenang, hingga fasilitas day-care bagi masyarakat yang membutuhkan saat mengakses layanan. Hal ini menunjukkan kepedulian terhadap inklusivitas dalam pelayanan publik.
Sementara itu, Kepala Balai POM Bengkulu, Yogi Abaso Mataram menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan serta memperkuat mekanisme kerja dalam pengawasan obat dan makanan di wilayah Bengkulu.
"Beginilah kondisi kami, di mana dalam memberikan pelayanan, kami bertekad untuk turut membangun kesejahteraan masyarakat, terutama bagi kelompok rentan, sehingga mereka bisa mandiri, khususnya dalam hal ekonomi," jelasnya.
Sebagai bagian dari sinergi antara Ombudsman RI dan BPOM RI, telah terjalin program POMMAN (POM dan Ombudsman Menyapa). Program ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama kedua lembaga dalam memastikan pelayanan publik yang lebih transparan, profesional, dan berdampak langsung bagi masyarakat, terutama dalam aspek pengawasan produk obat dan makanan yang aman serta berkualitas.
Kunjungan ini menjadi momentum penting dalam memperkuat koordinasi antara BPOM dan Ombudsman RI. Harapannya, standar pelayanan yang baik dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk memberikan perlindungan optimal bagi masyarakat. (MIM)