• - +
Jimly Asshiddiqie : Peran Ombudsman Jadi Jantung Selesaikan Masalah Konflik Kepentingan
Kabar Ombudsman • Senin, 03/02/2020 •
 

SHARE

Jakarta - Guru Besar Hukum Tata Negara Jimly Asshiddiqie menekankan pentingnya peran Ombudsman dalam menyelesaikan konflik kepentingan. Hal ini diungkapkan dalam diskusi "Penempatan TNI/POLRI dalam Jabatan Sipil di Kementerian/Lembaga" di Kantor Ombudsman, Senin (3/2).

Jimly menyatakan bahwa amanat reformasi sudah jelas, bahwa jabatan di birokrasi harus dipisah dari TNI/POLRI. "Ombudsman jadi jantung untuk masalah seperti ini. Ombudsman harus mengawal ini agar tidak ada konflik kepentingan," tegasnya.

Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu dalam pembukaan diskusi menyatakan bahwa isu penempatan TNI di jabatan sipil berawal dari Rapat Koordinasi antara Kemenpan RB dan TNI mengenai Pertimbangan Persetujuan Penyetaraan Pangkat Prajurit TNI dan Anggota Polri dalam jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tanggal 13 Februari 2019.

Ninik melanjutkan bahwa penempatan tersebut baik di pusat maupun daerah dapat menghambat profesionalitas ASN. "Ombudsman akan melakukan Rapid Assessment terkait ini," tutupnya. (NI)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...