• ,
  • - +
Dorong Peningkatan Kualitas Benih Kelapa Sawit, Ombudsman RI Temui Socfindo
Kabar Ombudsman • Rabu, 04/09/2024 •
 

Serdang Bedagai - Dalam rangka meningkatkan kualitas benih kelapa sawit di Indonesia, Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika menemui Head of Seeds Production and Laboratory PT Socfindo Indonesia Indra Syahputra, di Kantor PT Socfindo Indonesia, Medan, pada Rabu (4/9/2024). Adapun pertemuan tersebut untuk berdiskusi terkait tata kelola perbenihan kelapa sawit.

Sebagai salah satu produsen benih kelapa sawit, Yeka mendiskusikan terkait jaminan bagi para petani mendapatkan kualitas benih terbaik.

"Apakah benih kelapa sawit yang sudah disiapkan berkualitas atau tidak? Persoalannya mengapa harus ada jaminan, karena pemerintah sudah mengatur dan itulah kewajiban negara untuk memberikan bantuan benih berkualitas melalui program PSR (Peremajaan Sawit Rakyat)," ucap Yeka.

Untuk itu, sesuai tugas dan fungsinya Ombudsman RI atas prakarsa sendiri melakukan pengawasan dalam tata kelola perbenihan kelapa sawit sebagai bentuk pencegahan maladministrasi.

"Harapannya adalah agar benih kelapa sawit di Indonesia dapat diakui kualitasnya," ujar Yeka.

Sementara itu, Indra menjelaskan bahwa pada dasarnya benih yang dihasilkan sudah berkualitas selama para petani membeli benih di sumber penjualan resmi. Namun pada praktiknya masih banyak kendala di lapangan sehingga masih banyak petani yang membeli benih di sumber yang tidak resmi.

Turut hadir dalam pertemuan ini Pjs. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumatera Utara James Marihot Pangabean, Direktur Keuangan Umum, Kepatuhan dan dan Manajemen Resiko BPDPKS Zaid Burhan Ibrahim, dan Direktur Perhimpunan Dana BPDPKS Sunari.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...