• ,
  • - +
Cegah Maladministrasi, Ombudsman RI Lakukan Kerja Sama dengan UAD dan Unimma
Kabar Ombudsman • Senin, 18/10/2021 •
 
Ketua Ombudsman RI menandatangani MoU dengan UAD dan Unimma (Foto: Hasti Aulia Nida)

Yogyakarta-Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Universitas Ahmad Dahlan serta Universitas Muhammadiyah Magelang sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Studium Generale di Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Muhammadiyah Magelang dengan tema "Peran Ombudsman dalam Pencegahan Maladministrasi pada Pelayanan Publik" pada Sabtu (16/10/2021) dan Senin (18/10/2021).

Kegiatan penandatangan MoU ini dilakukan dalam rangka kerja sama antara Ombudsman RI dengan Universitas yang berkaitan dengan bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan sumber daya serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Ruang lingkup dari kerja sama dengan Universitas meliputi pencegahan maladministrasi, penyelesaian laporan masyarakat, pertukaran data dan informasi serta pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam Kegiatan Studium Generale, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih menjelaskan bahwa Ombudsman RI telah menyelesaikan laporan masyarakat sebanyan 12.742 laporan pada tahun 2020.

"Ombudsman RI telah menyelesaikan pengaduan masyarakat sebanyak 12.742 di tahun 2020 dengan rincian 123 laporan melalui investigasi atas prakarsa sendiri, 5538 laporan melakui konsultasi non laporan, 652 laporan melalui laporan masyarakat sera 559 laporan melalui respon cepat Ombudsman" jelas Najih.

Najih juga menjelaskan selama pandemi ini banyak muncul perisitiwa yang menjadi perhatian masyarakat. Di antaranya program bantuan sosial (bansos), mahalnya obat, kelangkaan oksigen, pembelajaran tatap muka dan lainnya.

"Kita mendapatkan aduan masyarakat dalam persoalan pandemi ini, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tahun 2020 mencapai lebih dari 12 ribu untuk seluruh indonesia," imbuh Najih

Turut hadir secara langsung Rektor Universitas Ahmad Dahlan Muchlas, Rekto Universitas Muhammadiyah Magelang Lili Andriyani, Kepala Perwakilan Ombudsman DI Yogyakarta Budhi Masthuri, Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah Siti Farida, Dekan Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan Rahmat Muhajir Nugroho, serta Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Magelanh Diah Adriantini Shinta Dewi. (HAN)





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...