• - +
Cagar Budaya Boven Digoel Terbengkalai, Ombudsman Hadirkan Ditjen Kebudayaan
Kabar Ombudsman • Kamis, 25/07/2019 •
 

SHARE

Jakarta - Anggota Ombudsman RI, Ahmad Suadi mengundang Direktorat Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Kantor Ombudsman RI, pada Kamis (25/7) untuk membahas kondisi kritis cagar budaya di Boven Digoel, Provinsi Papua.

Cagar Budaya Bovren Digoel merupakan pelabuhan, komplek penjara, rumah sakit, bangunan rumah, serta ruang sekap yang merupakan situs sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir.

Terkait isu terbengkalainya kondisi cagar budaya di Bovren Digoel, Ombudsman merasa diperlukan adanya tindak lanjut oleh pemerintah setempat dan Pemerintah Pusat. Karena situs-situs di Bovren Digoel merupakan aset penting yang harus dijaga dan dilestarikan.

"Situs Bovren Digoel adalah situs yang penting dan letaknya pun strategis, hal ini seharusnya dijadikan sebagai perhatian nasional," tukas Anggota Ombudsman RI, Ahmad Suadi.

Dalam paparannya, Ombudsman berpendapat  jika pemerintah kurang memperhatikan situs Bovren Digoel. Ombudsman menyarankan agar Pemerintah menyiapkan rencana untuk melestarikan cagar budaya Bovren Digoel. "Ombudsman siap membantu," tutur Ahmad Suadi.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...