• - +

Artikel

Samsat Kota Palangka Raya Terapkan Protokol Kesehatan, Ombudsman Kalteng: Kami Apresiasi
ARTIKEL • Kamis, 30/04/2020 • Meigi Bastiani
 
Potret ruang pelayanan UPT Samsat Palangka Raya (foto by Hendra)

Palangka Raya - Pada Kamis, 30 April 2020 Ombudsman Kalteng diwakili oleh Keasistenan Pencegahan melakukan kunjungan ke UPT Samsat Kota Palangka Raya. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat pelayanan Samsat di masa Pandemi Covid-19. Meskipun dalam rangka kunjungan, namun Tim Ombudsman tetap memperhatikan protokol kesehatan saat melakukan pemantauan. Keasistenan Pencegahan Ombudsman Kalteng yang terdiri dari Denny Riswanda (Kepala Keasistenan), Meigi Bastiani, dan Hendra Kurniawan (anggota) bertemu langsung dengan Ka. UPT Samsat Palangka Raya, Maya Mustika.

"Ada beberapa poin yang kami tanyakan kepada pihak Samsat Palangka Raya, yaitu terkait bagaimana pelayanan kepada masyarakat selama masa pandemi ini, apakah ada perubah prosedur ataukah tidak", ujar Denny. Kepala UPT Samsat Palangka Raya, Maya Mustika menjelaskan bahwa terkait dengan prosedur pelayanan tidak berubah sama sekali, yang berubah hanyalah terkait waktu pelayanan saja. "Kalau sekarang selama masa pandemi Covid-19 ini jam pelayanan kami yaitu Senin-Kamis pukul 08.30 WIB - 13.00 WIB, dan untuk Jumat-Sabtu pukul 08.30 WIB - 11.00 WIB." jelas Maya.

Maya menambahkan bahwa UPT Samsat Palangka Raya telah semaksimal mungkin menerapkan aturan pemerintah untuk tetap menjaga jarak dengan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan adanya fasilitas mencuci tangan dan tenda disinfektan yang diperuntukkan untuk masyarakat yang akan memasuki ruang pelayanan. Kursi di ruang tunggu dalam ruang pelayanan pun diberikan jarak, begitu pun dengan loket pelayanan yang dipasang plastik pembatas.

Terkait dengan kebijakan penghapusan denda bagi pajak kendaraan bermotor yang diberlakukan mulai hari Senin, 4 Mei 2020, Maya menyampaikan pihaknya akan menambah jumlah petugas layanan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi melonjaknya jumlah masyarakat yang datang untuk melakukan pembayaran pajak. "Kami akan tambah personel, dengan begitu masyarakat cepat terlayani dan juga bisa cepat pulang, sehingga tidak terjadi penumpukan di dalam ruang pelayanan", tambah Maya.

Di akhir kesempatan ini, Denny Riswanda mewakili Ombudsman Kalteng memberikan apresiasi kepada UPT Samsat Palangka Raya karena telah memberikan layanan secara maksimal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang diinstruksikan oleh pemerintah.






Loading...

Loading...
Loading...
Loading...