• - +

Artikel

Personel Damkar Belajar Pelayanan Publik dari Ombudsman Kalsel
ARTIKEL • Rabu, 14/10/2020 • Shopian Hadi
 
Peserta pelatihan (foto by BPSDM Provinsi Jambi)

SHARE

JAMBI - Sebanyak dua puluh lima personel Pemadam Kebakaran (Damkar) se-Provinsi Jambi melakukan pembelajaran tentang pelayanan publik dari Ombudsman RI. Selain pelayanan publik, personel Damkar juga dikenalkan dengan tugas dan fungsi Ombudsman dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Kompetensi Administrasi Pemadam Kebakaran Tahun 2020. Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jambi kemarin (13/10).

"Pelayanan publik itu sangat luas, ada yang berupa pelayanan barang, jasa dan administratif. Untuk Damkar pelayanannya bahkan menyangkut keselamatan dan kemanusiaan,'' kata Shopian Hadi, Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Jambi saat menyampaikan materi. Oleh karena itu, peran Damkar dalam pelayanan publik pemerintah kepada masyarakat sangat penting dan vital.

Pemadam kebakaran saat ini sudah berkembang dan memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat. Selain pemadam kebakaran dan penyelamatan, juga ada penanganan hewan liar seperi ular dan tawon, hingga melepaskan cincin dan pelatihan serta wisata edukasi. Karena itu Ombudsman mendorong Damkar memiliki standar pelayanan publik, layanan pengaduan, maupun memenuhi sarana prasarana pemadam kebakaran dan penyelamatan.

Sesi pelatihan kemudian dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab. Masukan dan keluhan yang paling banyak datang dari personel Damkar adalah kurangnya sarana prasana seperti armada hingga kesejahteraan. Keluhan lainnya adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap peran pemadam kebakaran, seperti tidak memprioritaskan mobil Damkar di lalu lintas ketika terjadi kebakaran dibandingkan dengan iring-iringan mobil pengawalan pejabat.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...