• - +

Artikel

Percepat Penyelesaian Laporan, Ombudsman Perwakilan Kalsel Baelang ke Kanwil BPN Kalsel
ARTIKEL • Jum'at, 14/02/2020 • Ita Wijayanti
 
kunjungan ke Kanwil BPN Kalsel

SHARE

Jumat (14/02/2020) - Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Selatan beserta 8 orang Asisten Ombudsman bersilaturahmi ke Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Kalimantan Selatan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang bertajuk "Ombudsman Baelang", baelang dalam bahasa banjar artinya berkunjung. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Ombudsman RI Provinsi Kalsel setiap Hari Jumat pagi dengan target mendatangi instansi-instansi yang memiliki unit pelaksana pelayanan publik.

Ombudsman Baelang bertujuan untuk menjalin hubungan baik antar instansi sekaligus menyosialisasikan mengenai Ombudsam beserta tugas dan fungsinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada instansi yang belum mengenal Ombudsman. Meskipun ada juga instansi pelayanan publik yang telah mengetahui Ombudsman, namun masih ada saja yang resisten terhadap keberadaan Ombudsman. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi yang diketahui. Melalui kegiatan Ombudsman Baelang inilah Ombudsman Kalsel ingin lebih dekat dan menumbuhkan hubungan yang positif kepada instansi pelayanan publik agar kedepannya koordinasi kelembagaan khususnya menyangkut mengenai penyelesaian laporan dapat berjalan dengan baik.

Kepala Perwakilan Ombudsman Kalsel, Noorhalis Majid menjelaskan bahwa kegiatan ini dalam rangka silaturahmi, tidak membicarakan laporan-laporan yang masuk ke Ombudsman. Dalam kunjungan kali ini, Ombudsman diterima langsung oleh Kepala Kantor Wilayah BPN, Alen Saputra. Beliau menyambut baik kedatangan Ombudsman dan berharap agar Ombudsman dapat terus mengawasi kinerja Kantor Pertanahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Ke depannya Ombudsman dapat bersinergi dengan BPN untuk menginformasikan kepada masyarakat agar peduli untuk mengurus sertifikat tanah, karena sebentar lagi Kalsel akan menjadi gerbang ibukota negara", tutur Alen.

Alen juga berharap agar Ombudsman Kalsel bersedia memberikan reward berupa sertifikat penghargaan kepada Kantor Pertanahan yang paling cepat dalam merespon pengaduan masyarakat. Hal ini bertujuan agar menjadi pemacu kantor-kantor pertanahan lain di Kalsel untuk cepat tanggap dalam menangani laporan masyarakat.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...