• ,
  • - +

Artikel

Ombudsman RI Perwakilan Sultra melakukan ToT kepada MATA Ombudsman
• Jum'at, 27/09/2019 • indra
 

Kendari - Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara melakukan pelatihan bagi calon pelatih atau Training of Trainer (ToT) kepada Jejaring/Sahabat Ombudsman yang dinamai dengan MATA Ombudsman (Masyarakat Anti Maladministrasi), Rabu, 25 September 2019 bertempat di Ruang Buton Hotel Same Kendari.

ToT ini diikuti oleh sekitar 20 (dua puluh) peserta yang berasal dari Komunitas MATA Ombudsman yaitu kumpulan mahasiswa, NGO, awak media dan masyarakat umum lainnya. ToT ini merupakan pelatihan tahap ke-2 setelah tahun lalu telah dilakukannya ToT tahap pertama.

Mastri Susilo, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Tenggara dalam sambutan pembukaan pelatihan ini menyampaikan bahwa tujuan ToT tahap ke-2 ini untuk memberikan pemahaman kepada MATA Ombudsman tentang tugasnya sebagai jejaring Ombudsman Sultra, karena kurangnya SDM di Ombudsman Sultra maka peran MATA Ombudsman sangat diharapkan terutama pendampingan kepada masyarakat Sultra dalam pengawasan pelayanan publik.

"Sudah ada beberapa kesepakatan sebelumnya dengan MATA Ombudsman dalam pertemuan berkala yang telah dilakukan, hal ini harus terus dioptimalkan. Media Sosial agar dapat lebih diberdayakan," lanjut Mastri.

Dalam pelatihan ini diberikan materi mengenai Perkenalan dan Membangun Kepercayaan, Harapan, Kekhawatiran dan aturan bersama, Penyegaran Mengenal Pelayanan Publik, Maladministrasi, Ombudsman RI, dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik, Tata Cara Pelaporan ke Penyelenggara Pelayanan Publik dan ke Ombudsman RI, serta materi tentang Teknik Penyebaran Pengetahuan tentang Pelayanan Publik.

Materi lain yang disampaikan adalah mengenai Citizen Journalisme yang dipaparkan oleh narasumber dari Jurnalis/Wartawan senior di Sulawesi Tenggara.

Pelatihan yang dipandu oleh Irman Badu, Asisten Ombudsman Perwakilan Sultra berlangsung sangat menarik. Para peserta sangat antusias menyimak dan bertanya-jawab seputar paparan yang disampaikan. 

Pelatihan ini diakhiri dengan membuat komitmen bersama antara MATA Ombudsman dengan Ombudsman Perwakilan Sultra.Dipandu olej Kepala Perwakilan, beberapa komitmen bersama itu antara lain adalah:

1. Sekretariat MATA Ombudsman Sultra agar lebih aktif

2. Media Sosial MATA SULTRA lebih ditingkatkan dengan cara lebih banyak mengirimkan photo-photo pelayanan publik di Kendari dan Sultra pada umumnya

3. Diseminasi regular dalam komunitas masing-masing lebih ditingkatkan dengan mengundang Ombudsman Sultra sebagai narasumber


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...