• - +

Artikel

Ombudsman RI Kunjungi Unit Pengelolaan Pengaduan Kabupaten Belitung
ARTIKEL • Jum'at, 24/05/2019 • Kgs Chris Fither
 

SHARE

Tanjungpandan - Ombudsman RI mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Belitung dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Ombudsman RI saat meninjau & mengunjungi Kantor Dinas Komunikasi & Informatika Kabupaten Belitung, Kamis (23/5).

Dalam kunjungan tersebut, Ombudsman RI diterima langsung oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya serta jajaran.

"Kunjungan ini bagian dari kegiatan yang kita gelar hari ini bersama Pemprov, Pemkab & Pemkot se Babel, yakni Penandatanganan Komitmen Bersama Akselerasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik," ungkapnya.

Menurut Lely, melalui penandatangan komitmen tersebut, diharapkan pengelolaan pengaduan pelayanan publik menjadi salah satu prioritas kepala daerah dalam memenuhi standar layanan publik di masing-masing instansi penyelenggara.

"Kunjungan Ombudsman RI ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Kabupaten Belitung mulai dari teknis pengaduan dan penyelesaian pengaduan masyarakat. Sejauh yang kami lihat, inovasi ini sangat baik. Tentu harus dijaga jangan sampai ketika pimpinannya berganti, programnya juga ikut hilang. Selain itu, harus segera diintegrasikan ke LAPOR sebagai salah satu sistem pengelolaan pengaduan yanlik nasional," tegasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Bupati memaparkan program BeSadu (Belitung Saluran Aspirasi dan Pengaduan) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung. Merupakan program inovasi Bupati dan Wakil Bupati Belitung dalam upaya memberikan saluran pengaduan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Selain itu program BeSadu ditujukan untuk mewujudkan pelayanan publik secara transparan dan terbuka untuk pembangunan daerah.

"Kami komit untuk melayani masyarakat, walau sederhana & tak gunakan APBD tapi program ini sangat bermanfaat, kedepan akan dilakukan pengembangan & minta Ombudsman RI membantu penyempurnaannya," terang Isyak.

Turut hadir dalam kunjungan Ibu Emida Suparti (KemenpanRB), Mrs. Shirley Tong dan Mr. William Mueller (Commonwealth Ombudsman) serta Prana Susiko (Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung).


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...