• - +

Artikel

Ombudsman Perwakilan Kaltim Apresiasi Putusan Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia
ARTIKEL • Jum'at, 14/02/2020 • Cikra Wakhidah
 
Ombudsman Perwakilan Kalimantan Timur menghadiri undangan Sidang Pembacaan Pembacaan Putusan Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia

SHARE

Samarinda - Ombudsman Perwakilan Kalimantan Timur menghadiri undangan Sidang Pembacaan Pembacaan Putusan Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia pada hari Jumat, 14 Februari 2020 di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur. Putusan tersebut dibacakan atas pengaduan dari laporan masyarakat yang didasari dugaan pelanggaran disiplin dan Kode Etik oleh beberapa dokter di salah satu RS Provinsi Kalimantan Timur.

Tugas MKDKI dalam Pasal 64 Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran yaitu, menerima pengaduan, memeriksa, dan memutuskan kasus pelanggaran disiplin dokter diajukan. Adapun keputusan MKDKI itu sifatnya mengikat dokter dan manajemen rumah sakit atas terjadinya suatu pelanggaran disiplin.

Putusan MKDKI yang berupaya menegakkan disiplin profesi dokter dalam memberikan perlindungan kesehatan yang bermanfaat baik bagi masyarakat. Terkait realitas pelayanan kesehatan di Provinsi Kalimantan Timur, Ombudsman berharap dari putusan tersebut menjadi penyelesaian masalah atas tata kelola di bidang kesehatan khususnya pelayanan fasilitas kesehatan rumah sakit agar lebih memberikan perlindungan kepada pasien.

Selain itu, Putusan MKDKI ini agar menjadi pembelajaran bagi manajemen rumah sakit agar lebih meningkatkan kualitas layanan, melayani manusia dengan hati. Kecanggihan fasilitas rumah sakit tidak menjadi jaminan kesembuhan bila tidak diikuti dengan dokter dan tenaga kesehatan yang memiliki jiwa melayani.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...