• - +

Artikel

Ombudsman Monitorng Pelayanan di Kabupaten Muaro Jambi dan Tanjabtim
ARTIKEL • Kamis, 09/07/2020 • Korinna Al Emira
 
Kepala Perwakilan dan seluruh OPD (Andri)

SHARE

Jambi- Berdasarkan tugas dan kewenangan Ombudsman RI sebagai Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik, maka Ombudsman RI Perwakilan Jambi melakukan monitoring pelayanan yang ada di Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur. Monitoring tersebut dilaksanakan pada 6-8 Juli 2020.

Kepada Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jambi, Jafar Ahmad beserta Asisten Bidang Pencegahan melakukan pertemuan dengan seluruh OPD yang ada di Muaro Jambi. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Bupati Muaro Jambi yang dipimpin oleh Wakil Bupati, Bambang Bayu Suseno. Dalam pertemua tersebut Wakil Bupati meminta kepada Ombudsman RI Perwakilan Jambi untuk memberikan saran perbaikan kepada setiap OPD yang ada.

Dalam kesempatan ini, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jambi juga menyampaikan beberapa hal terkait pelayanan publik. "Karena penilaian kepatuhan tahun ini ditiadakan, jadi ada waktu setahun untuk perbaikan. Dan berdasarkan MoU Ombudsman RI dengan Pemkab Muaro Jambi kemarin, kami akan mulai monitoring ke OPD-OPD terutama yang melakukan layanan langsung ke masyarakat," kata Jafar.

Selain itu, Ombudsman  RI Perwakilan Jambi juga menyampaikan beberapa keluhan dari masyarakat terkait pelayanan di Pemkab Muaro Jambi. Antara lain terkait BPHTB di BPPRD, pelaksanaan PPDB di Dinas Pendidikan, Pelayanan Kesehatan di RSUD, Bantuan Covid di Dinas Sosial dan BLT Dana Desa di Dinas PMD. Ombudsman mengharapkan seluruh keluhan yang masuk agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat oleh masing-masing OPD. "Kalau bisa selesai lewat telepon saja, jadi tidak habis energi kita mau manggil-manggil OPD ke kantor," tegas Jafar.

Ombudsman juga melakukan sidak langsung ke Dinas Dukcapil, Dinas Koperasi dan BPPRD Muaro Jambi. Pada dasarnya standar-standar minimal yang menjadi tuntutan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik sudah dipenuhi, tinggal bagaimana sikap dari petugas dalam melayani masyarakat yang harus dtingkatkan lagi.

Sementara di Pemkab Tanjabtim, Ombudsman melakukan sidak di DPMPTSP dan Dinas Dukcapil. Ombudsman mengapresiasi DPMPTSP Kabupaten Tanjabtim yang dapat memanfaatkan websitenya dengan baik. Sehingga masyarakat bisa lebih cepat dalam mengurus perizinan. Sementara di Dinas Dukcapil Kabupaten Tanjabtim, terlihat beberapa inovasi yang dilakukan guna memberikan rasa nyaman kepada masyarakat yang sedang melakukan layanan disana. Salah satunya dengan dibuatnya tempat bagi masyarakat untuk menunggu dengan pemandangan kolam yang indah dan asri. Ombudsman mengharapkan agar inovasi-inovasi seperti ini dapat terus dikembangkan oleh setiap instansi di daerah guna memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...