• ,
  • - +

Artikel

OMBUDSMAN, MAHASISWA DAN PELAYANAN PUBLIK
• Kamis, 29/11/2018 • Korinna Al Emira
 
BPP Ombudsman RI Jambi, Lina Maryati S. memberikan hadiah kepada peserta sosialisasi (foto by Andri)

JAMBI - Kamis, 29 November 2018, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi mengadakan sosialisasi di Universitas Adiwangsa Kota Jambi. Sosialisasi yang dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa dari berbagai jurusan berlangsung dengan sangat interaktif.

Shopian Hadi selaku Plh. Kepala Perwakilan Ombudsman Jambi mengharapkan kegiatan ini bisa menjadikan mahasiswa sebagai barisan paling depan dalam mengawasi pelayanan publik yang ada disekitar.

"Jangan takut melapor kalau kita mau perubahan dipelayanan publik kita. Apalagi kita mahasiswa harus aktif melihat keadaan sekitar," tegasnya.

Sosialisasi ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menceritakan pelayanan publik yang mereka rasakan selama menimba ilmu di Universitas Adiwangsa ini. Sinta yang merupakan anggota dari UNAJA KREATIF menyampaikan keluhannya terhadap pelayanan yang ada di kampus.

"Kami yang tinggal di asrama, selalu kekurangan air. Padahal diperjanjian awal dikatakan bahwa air selalu mengalir 24 jambi,"tegasnya.

"Selain itu kalau kami telat membayar uang asrama, maka kami tidak dibolehkan ikut perkuliahan sampai uang asrama itu dibayarkan," tambahnya.

Atas permasalahan ini, Ombudsman RI Jambi pun menyarankan agar para mahasiswa melakukan dialog langsung dengan pihak Universitas. "Lebih baik diselesaikan secara internal dulu dengan pihak kampus, tapi kalau tidak ada solusi juga silahkan untuk melapor ke Ombudsman," kata Shopian Hadi.

Solusi lain juga bisa dengan meminta untuk diadakan mediasi antara mahasiswa dan pihak kampus. "Silahkan kirim surat resmi ke Ombudsman agar kami bisa segera menindaklanjuti permasalahan ini," tambahnya.

Diakui oleh beberapa mahasiswa bahwa sosialisasi ini sangat memberikan manfaat bagi mereka.

"Kami sebelumnya tidak tahu kalau ada Ombudsman. Tapi sekarang kami jadi tahu harus datang kemana dan melapor kemana kalau ada permasalahan," tambah salah satu mahasiswa.

Harapan mahasiswa Universitas Adiwangsa agar kegiatan seperti ini rutin dilakukan. Dan mahasiswa diikut sertakan secara aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh Ombudsman. (ORI-Jambi)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...