• ,
  • - +

Artikel

Ombudsman Kalsel Berbagi Pengalaman Menyelenggarakan Podcast
• Jum'at, 11/09/2020 • Sopian Hadi, SH. MH
 
Jajaran PTA Banjarmasin saat mengunjungi ruang Podcast Ombudsman RI Perwakilan Kalsel (Foto by Sopian Hadi)

Banjarmasin (11/09) -Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan menerima kunjungan dari jajaran Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Banjarmasin. Kali ini kunjungan dilakukan dalam rangka melihat secara langsung inovasi yang dilakukan oleh Ombudsman Perwakilan Kalsel, yakni membuat Podcast tentang pelayanan publik dan Ombudsman.

Di era sekarang, Podcast sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk menyosialisasikan tugas dan fungsi penyelenggara pelayanan publik, tidak terkecuali di lingkungan peradilan.

Noorhalis Majid, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan, menyampaikan bahwa setiap Selasa dan Jumat, Ombudsman selalu me-release episode-episode baru yang mengangkat berbagai topik melalui Podcast Ombudsman Kalsel.

"Tema yang diangkat tentang pelayanan publik dan Ombudsman. Narasumber yang mengisi Podcast dari Insan Ombudsman, dipilih secara bergantian", tuturnya.

Ia mengatakan, penyelenggara pelayanan publik lainnya, seperti lembaga Pengadilan Agama, bisa melakukan hal serupa. Misalnya, melakukan sosialisasi mengenai pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh pengadilan atau melakukan penyuluhan hukum kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Noorhalis juga mengapresiasi pelayanan yang diselenggarakan oleh PTA Banjarmasin. Ia menyampaikan pelayanan PTA sudah tersistem. Mulai dari front office hingga pelayanan bagi kelompok rentan. Terdapat akses bagi penyandang disabilitas. Pelayanannya juga ramah terhadap anak dan ibu menyusui.

"Layanan di PTA Banjarmasin ramah bagi semua kalangan. Buktinya, terdapat ruang menyusui dan pojok bermain anak. Selain itu, pelayanannya juga tidak personal", jelasnya.

"Dalam rangka menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, maka pelayanan personal harus dihindari. Karena bisa 'menggoda' integritas sesesorang", tegasnya.

Ia juga berpesan agar pelayanan PTA Banjarmasin dan lingkungan peradilan di bawahnya, terus ditingkatkan dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...