• ,
  • - +

Artikel

Ombudsman Jatim Percepat Penyelesaian Laporan melalui Peran Inspektorat
• Kamis, 20/05/2021 • Achmad Azmi Musyaddad
 
Kegiatan Workshop Optimalisasi Peran Focal Point, Kamis (20/5)

SURABAYA - Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur melihat pengelolaan pengaduan internal di pemerintah daerah masih kurang maksimal, sehingga perlu untuk mendorong optimalisasi peran pengawas internal untuk lebih aktif melakukan pengawasan pelayanan publik.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jatim, Agus Muttaqin mengatakan kurang efektifnya pengelolaan pengaduan internal kerap berakibat pada lambannya tanggapan penyelenggara layanan ketika proses pengaduan itu telah masuk di Ombudsman. Hambatan itu bisa diantisipasi, salah satunya melalui peran dari pengawas internal, yakni Inspektorat Daerah.

Oleh karena itu, sebagai salah satu strategi percepatan penyelesaian laporan, Ombudsman Jawa Timur merasa perlu menggandeng Inspektorat Daerah Provinsi Jawa Timur beserta beberapa Inspektorat di Kabupaten/Kota.

Harapannya, peran-peran Inspektorat tidak melulu hanya menjadi wadah untuk melapor pengaduan yang bersifat norma kepegawaian, tapi juga menjadi kanal yang efektif bagi masyarakat ketika terjadi penyimpangan penyelenggaraan pelayanan publik.

Selain mengoptimalkan peran pengawasan, Ombudsman Jawa Timur juga mengajak jajaran Inspektorat menjadi mitra dengan membentuk pejabat penghubung (focal point) agar penyelesaian laporan lebih cepat tanpa melalui prosedur konvensional yang panjang dan menjemukan.

"Dengan focal point ini, kami berharap mereka dapat menjadi shortcut terhadap proses penyelesaian pengaduan yang selama ini cenderung panjang alur birokrasinya," jelas Pak Agus, sapaan akrab Agus Muttaqin.

Kerja sama tersebut dibentuk melalui workshop yang dilaksanakan pada hari Kamis (20/5) dan  dihadiri oleh 17 (tujuh belas) Inspektorat Daerah, termasuk dari Provinsi Jawa Timur. Kegiatan dipandu oleh Fikri Mustofa selaku moderator dengan narasumber Muflihul Hadi, Kepala Pencegahan serta Achmad Khoiruddin, Kepala Keasistenan Pemeriksaan Ombudsman Perwakilan Jawa  Timur.

Peserta yang hadir juga merespon baik kegiatan tersebut, di antaranya disampaikan oleh Nyoman W, salah satu peserta dari Banyuwangi yang berharap agar Ombudsman dapat memperluas focal point di seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota Se- Provinsi Jawa Timur.

"Kedepan mungkin kami akan mengupayakan pembentukan focal point lagi, namun yang sudah terbentuk ini akan terus kami evaluasi," pungkas Agus Muttaqin. (*)






Loading...

Loading...
Loading...
Loading...