Ombudsman Awasi Pelayanan RS Mattaher di Masa Pandemi

JAMBI- Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi melakukan monitoring pelayanan di RSUD Raden Mattaher Jambi. Pengawasan itu dilakukan untuk melihat kesiapan pelayanan rumah sakit di masa pandemi Covid-19. Kunjungan Ombudsman dilakukan kemarin (30/06) dan diterima oleh Unit Pelayanan Pengaduan RSUD Mattaher.
Pantauan Ombudsman menunjukkan pelayanan di RSUD Mattaher sudah berjalan seperti biasa. Pasien terlihat lalu lalang dengan menerapkan protokol Covid-19 dan petugas kesehatan tetap beraktifitas seperti biasa. "Ombudsman memastikan pelayanan rumah sakit tetap berjalan, walaupun di masa pendemi," ujar Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jambi, Jafar Ahmad.
Tim Ombudsman langsung memantau pelayanan di Unit Gawat Darurat. Dari pantauan ini, Ombudsman menemukan seluruh petugas perawat dan dokter jaga yang bertugas berada di tempat. Terkait pengunjung, pihak rumah sakit mengakui sudah berkurang sejak dua minggu terakhir. "Pengunjung sudah menurun sejak dua minggu terakhir karena RSUD Raden Mattaher merupakan rumah sakit rujukan," jelas Norliyanti, staf Bagian Unit Pelayanan Pengaduan RSUD Raden Mattaher Jambi.
Ombudsman RI juga memantau pelayanan pengaduan di RSUD Raden Mattaher. Selama ini, keluhan yang sampai ke Ombudsman pada masa pandemi adalah terkait jadwal operasi. Untuk itu Ombudsman menilai perlu melakukan peninjauan. Selain itu ada juga keluhan internal rumah sakit mengenai pembayaran insentif tenaga kesehatan yang perlu mendapat perhatian.
"Ombudsman meminta pihak rumah sakit bisa menyelesaikan permasalahan internal terlebih dahulu," tegas Jafar saat didampingi Kepala Bagian Pelayanan Medik RSUD Raden Mattaher, dr Andre.