• - +

Artikel

Ombudsman Apresiasi Pelayanan BPOM selama Pandemi
ARTIKEL • Senin, 09/11/2020 • Shopian Hadi
 
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi dan Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan berfoto bersama Kepala dan staf BPOM Provinsi Jambi (foto by Andri)

JAMBI- Ombudsman RI Perwakilan Jambi mengapresiasi pelayanan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jambi kepada masyarakat selama pandemi Covid-19. BPOM membantu pemerintah melakukan uji SWAB Covid-19 di berbagai daerah dalam kondisi darurat bencana. Ombudsman melakukan pemantauan langsung dan berkoordinasi dengan BPOM Jambi pada Senin (09/11) dan disambut oleh Kepala BPOM Jambi, Antoni Ardi.

Jafar Ahmad, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi mengatakan pihaknya mengunjungi BPOM untuk melihat langsung pelayanan. Selain itu, Ombudsman juga menindaklanjuti informasi masyarakat mengenai tes SWAB di Provinsi Jambi. "Kami mengapresiasi BPOM yang membantu pemerintah untuk pelaksanan tes SWAB karena memiliki fasilitas laboratorium, padahal bukan tugas utamanya", ucapnya.

Ombudsman juga memantau langsung penanganan Covid-19 oleh pemerintah daerah. Selama ini ada keluhan masyakat terhadap lamanya hasil tes SWAB yang dikeluarkan pemerintah daerah. ''Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota harus sejalan dan mencari solusi agar hasil tes SWAB cepat keluar dan sampel tidak menumpuk. Termasuk penyediaan dan penggunaan dana yang tepat untuk penanganan Covid 19", tegasnya.

Antoni Ardi, Kepala BPOM Jambi mengatakan pihaknya membantu pemerintah melakukan tes SWAB sesuai instruksi BPOM Pusat karena memiliki laboratorium yang memadai dan bersertifikasi. Pihaknya hanya menerima sampel dari pemerintah melalui Dinas Kesehatan dan melakukan uji SWAB secara gratis. "Kami hanya menerima dari Dinkes dan hasilnya langsung dimasukan ke sistem secara online", paparnya.

Terkait keluhan masyarakat terhadap lamanya tes SWAB, BPOM menyerahkan ke pemerintah daerah. Pihaknya hanya menerima sampel dan distribusi sampel dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan. "Dengan banyaknya sampel Covid-19 dan terbatasnya Sumber Daya untuk uji SWAB bisa saja waktunya lebih lama dari yang dikeluhkan. Pemerintah daerah harus mencari solusi dan tidak hanya laboratorium BPOM saja", tegasnya.

BPOM mendukung Ombudsman RI dalam memantau penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

 





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...