OJEK Online, Inovasi Ombudsman Papua Barat di Tengah Situasi Pandemi
Manokwari - Perwakilan Ombudsman RI Papua Barat melakukan bincang-bincang pagi berkaitan dengan pengenalan "OJEK Online" secara live yang disiarkan melalui akun Facebook Ombudsman RI Papua Barat bertempat di ruang Penerimaan dan Verifikasi Laporan kantor Ombudsman RI Papua Barat, Rabu (21/7/2021).
Dalam bincang-bincang tersebut hadir Kepala Perwakilan Ombudsman RI Papua Barat Musa Sombuk, Kepala Keasistenan Bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) Yunus Kaipman dipandu Asisten Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat Eki L. Ramadhaningtyas.
OJEK Online adalah kepanjangan dari "Ombudsman Jemput Keluhan Online". Tujuan dilakukannya program ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan laporan atau aduan yang berkaitan dengan pelayanan publik di Provinsi Papua Barat secara online, mengingat telah diberlakukannya PPKM Darurat di Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong maka aktivitas masyarakat dan beberapa kantor pemerintahan serta swasta pun dibatasi.
"Penyampaian laporan maupun aduan pada masa ini dilakukan secara online, baik disampaikan melalui nomor kontak yang telah disediakan, ataupun dapat langsung disampaikan melalui akun Facebook Ombudsman RI Papua Barat, Twitter dan juga Instagram," ujar Musa.
OJEK Online ini merupakan inovasi yang amat baik, selain menggunakan nama yang mudah diingat masyarakat inovasi ini juga diharapakan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pengawasan pelayanan publik.
"Sebab walaupun WFH aparatur pemerintah harus tetap bekerja. Karena WFH berarti Work From Home bukan Vacation From Home," tambah Musa.
Dalam bincang pagi ini turut berpartisipasi masyarakat yang berkonsultasi dan bertanya pada kolom chat antara lain terkait mekanisme penyelesaian laporan di tengah situasi pandemi serta mekanisme pengaduan secara online.
Mengakhiri bincang pagi Kepala Perwakilan Ombudsman RI Papua Barat berharap bahwa masyarakat tetap aktif melakukan pengawasan pelayanan publik serta tetap menerapkan protokol kesehatan di ruang-ruang publik agar pelayanan dapat dilakukan secara maksimal ditengah situasi pandemi yang masih terus berlangsung.