• ,
  • - +

Artikel

Mahasiswa Fisip ULM Garap Penelitian Berjudul Kinerja Ombudsman Kalsel
• Kamis, 02/07/2020 • Zayanti Mandasari
 
Akhmad Maulana (Mahasiswa Fisip ULM) tengah melakukan wawancara

Banjarmasin- Akhmad Maulana, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat (Fisip ULM) mengunjungi Kantor Perwakilan Ombudsman Kalsel di Jalan S. Parman No. 57 Banjarmasin untuk melakukan penelitian (02/07). Penelitian yang berjudul Kinerja Omnbudsman RI Perwakilan Kalsel dalam Pengawasan Pelayanan Publik tersebut digarap guna memenuhi persyaratan akhir studi Strata-1 yang tengah ditempuhnya.

Akhmad melakukan penelitian dengan metode wawancara pada Asisten Ombudsman di bidang yang berbeda, antara lain (Penerimaan dan Verifikasi Laporan, Pemeriksaan Laporan, dan Pencegahan Maladministrasi). Tak hanya wawancara, Akhmad juga meminta data pendukung penelitiannya, baik data jumlah laporan pernah ditangani oleh Ombudsman Kalsel, maupun berkas kerjasama yang pernah dilakukan.

Sopian Hadi, Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan, salah satu narasumber yang dimintai infomasi oleh Akhmad saat wawancara, menyambut baik penelitian yang dilakukan Akhmad terhadap Kinerja Ombudsman Kalsel dalam Pengawasan Pelayanan Publik. Sopian juga menghimbau agar penelitian tersebut dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk melakukan penelitian dengan tema lain di Ombudsman Kalsel. Harapannya, semakin banyak masukan yang diperoleh Ombudsman Kalsel dari penelitian ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

Dalam wawancara yang dilakukan, Akhmad mengajukan beberapa pertanyaan yang berkenaan dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Ombudsman. Misalnya tugas utama dari masing-masing bidang, prosedur penanganan pengaduan di Ombudsman, bentuk kerjasama/koordinasi dengan pihak eksternal (baik dalam penyelesaian laporan atau pencegahan maldministrasi), respon pihak eksternal terhadap tindak lanjut pengaduan yang ditangani Ombudsman, serta faktor penghambat/pendukung, baik internal maupun eksternal bagi Ombudsman Kalsel dalam menjalankan tugas Pengawasan Pelayanan Publik di Kalimantan Selatan.

Narasumber lainnya, Yeni Ariyani, Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksaan Laporan, mengapresiasi penelitian yang digarap Akhmad. "Hasil penelitiannya nanti akan memberikan masukan/saran yang membangun kepada Ombudsman Kalsel, sehingga berkontribusi bagi peningkatan kualitas pelaksanaan tupoksi Ombudsman Kalsel", harap Yeni.  





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...