• - +

Artikel

Diseminasi di Masa Pandemi, Ombudsman Papua Bagikan Masker di Jalan
ARTIKEL • Rabu, 14/10/2020 • Melania Pasifika
 
Ismail Marzuki saat menyampaikan informasi tentang Ombudsman sambil membagikan botol minum dan masker (13/10)

SHARE

Jayapura - Ombudsman Republik Indonesia Kantor Perwakilan Papua melakukan diseminasi kepada masyarakat di Kota Jayapura, dengan cara memberikan informasi tentang Ombudsman sambil membagikan masker, leaflet, dan botol minum (tumblr), khususnya bagi para pengguna jalan raya yang tidak menggunakan masker dan anak-anak yang melintas pada traffic light di area jalan dr. Sam Ratulangi Dok 2, Kota Jayapura pada Selasa, 13 Oktober 2020.

"Informasi yang kami sampaikan dalam leaflet terkait maladministrasi dan pengawasan pelayanan publik terutama pada masa adaptasi kebiasaan baru. Sekaligus untuk mengedukasi masyarakat Kota Jayapura untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 dengan mentaati protokol kesehatan", ungkap Ismail Marsuki, Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Ombudsman Papua.

Diseminasi yang mengusung tema, "Pengawasan Pelayanan Publik di Era New Normal" ini merupakan salah satu program dari bidang pencegahan Ombudsman Papua, yang bertujuan menyebarkan informasi tentang peran masyarakat sebagai pengawas pelayanan publik sesuai amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Kegiatan diharapkan dapat ikut mendorong masyarakat untuk mengawasi pelayanan publik juga mendukung upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kota Jayapura. Contohnya: masyarakat dapat mengetahui tentang haknya sebagai pengguna pelayanan publik, apa saja jenis pelayanan, serta potensi maladministrasi terutama dalam masa new normal.

"Masyarakat harus paham bahwa mereka adalah garda terdepan pengawasan terhadap pelayanan publik, oleh karenanya diharapkan lebih aktif dalam melakukan pengawasan mulai dari hal kecil yang dialami secara langsung, seperti berani bertanya tentang standar yang dipakai oleh penyelenggara pelayanan dalam melakukan pelayanan tersebut", lanjut Ismail lagi.

Era adaptasi kebiasaan baru tentunya mendorong pelayanan publik juga untuk dilakukan dengan mekanisme baru, yang tentunya mengedepankan protokol kesehatan tetapi tidak meninggalkan standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh setiap penyelenggara pelayanan. Untuk menjamin terlaksananya pelayanan di masa pandemi, penyelenggara dan penerima pelayanan harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan tetap mengedepankan pelayanan yang prima.  (ori-papua, mk)





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...