• - +

Artikel

Diduga Tak Layani Pasien, Ombudsman Sidak RSIA
ARTIKEL • Kamis, 25/06/2020 • Ilyas Isti
 
Dr Taqwaddin melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh (Foto Oleh Ilyas Isti)

SHARE

Banda Aceh- Ombudsman RI Perwakilan Aceh kembali melakukan inspeksi mendadak. Sidak kali ini dilakukan ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh pada Rabu (24/6/2020) sore.

Tim sidak yang dipimpin langsung oleh Kepala Ombudsman Aceh Taqwaddin Husen ditujukan ke Ruang Onkologi rumah sakit berplat merah tersebut.

"Kami dapatkan laporan dari masyarakat, bahwa dokter spesialis onkologi tidak melayani pasien. Mendapatkan laporan tersebut kami langsung sidak ke lokasi untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat," sebut Taqwaddin.

"Setelah kami cek, dokter tersebut melayani pasien di ruang yang lain. Karena ruang poli onkologi air conditioner (AC) rupanya tidak hidup. Sehingga harus pindah ruang, bukan tidak melayani," tambahnya.

Hal ini dilakukan oleh pihak Ombudsman setelah mendapat laporan dari masyarakat dari luar Banda Aceh yang sedang berobat ke Rumah Sakit Ibu dan Anak tersebut.

Tim Sidak diterima oleh Wakil Direktur RSIA yaitu Ichwanul Fitri beserta beberapa pejabat lainnya.

Ichwan menyebutkan bahwa ruang tersebut akan segera diperbaiki ACnya demi kenyamanan pasien yang berobat dan paramedis yang melayani.

"Kami akan segera memperbaiki AC tersebut, selama ini terkendala dengan refocusing anggaran selama pandemi covid-19," jelas Ichwan kepada Tim Ombudsman yang langsung mengecek ke ruang Onkologi.

Dr. Ismed yang merupakan satu-satunya spesialis onkologi di rumah sakit tersebut mengatakan bahwa pelayanan kepada pasien tetap berjalan tanpa mengabaikan hak pasien. Namun dilakukan di ruangan lain, karena ruangan tersebut suasananya sangat panas.

Ombudsman berharap, agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat berjalan maksimal. Walaupun di masa pandemi, tentunya dengan mengutamakan protokol kesehatan.

"Kami berharap, pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap dikedepankan. Apalagi masyarakat datang jauh-jauh dari luar kota untuk berobat ke Banda Aceh. Khususnya untuk masalah kesehatan Ombudsman melaksanakan dengan sistem Reaksi Cepat Ombudsman (RCO)," ungkap Taqwaddin.

"Selanjutnya, masalah AC ini kami menyarankan agar segera diperbaiki. Jangan menjadi kendala pelayanan gara-gara hal kecil seperti ini," pungkas Taqwaddin.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...