• - +

Artikel

Dari Pelatihan Induksi, Para Calon Asisten diharapkan dapat memahami cara kerja dan nilai-nilai Ombudsman
ARTIKEL • Senin, 13/01/2020 • Adel Wahidi
 
Foto bersama usai pelatihan Induksi Calon Asisten

SHARE

Padang - Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Induksi bagi para Calon Asisten Ombudsman  Perwakilan Sumbar pada tanggal 7-10 Januari 2020 di Kantor Ombudsman RI Sumatera Barat.

Yefri Heriani, selaku Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumatera Barat mengatakan peserta yang mengikuti pelatihan induksi adalah mereka yang telah dinyatakan lolos sebagai Calon Asisten pada Seleksi Nasional Calon Asisten beberapa waktu lalu. Perlu diketahui bahwa sesuai formasi, Calon Asisten Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat yang lolos sebanyak 4 orang.

Pelatihan induksi bertujuan menanamkan nilai-nilai dan prinsip dasar Ombudsman (Ombudsmanship) dan peran Ombudsman sebagai Lembaga Negara yang berwewenang melakukan pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan amanat UU Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia dan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Sebagai Insan Ombudsman, setiap pegawai Ombudsman wajib memahami dan menghayati nilai-nilai Ombudsman yaitu kepatutan, keadilan, non diskriminasi, tidak memihak, akuntabilitas, keseimbangan, keterbukaan dan kerahasiaan yang semuanya menjadi fondasi bagi pelaksanaan tugas. Sedangkan prinsip yang digunakan dalam melaksanakan berbagai tugasnya, Insan Ombudsman harus independen, berintegritas, mendengarkan dan mempertimbangkan pendapat para pihak serta mempermudah masyarakat.

Dalam kegiatan selama 4 (empat) hari, para Calon Asisten dibekali dengan berbagai pengetahuan tentang ke-Ombudsmanan, Ombudsman Ways, Good Governance, Pengawasan Pelayanan Publik, Penerimaan Verifikasi dan Pemeriksaaan Laporan, Pencegahan Maladministrasi dan Kode Etik Insan Ombudsman.

Adel Wahidi selaku Asisten Ombudsman penanggung jawab pelatihan induksi menambahkan, pelatihan induski akan selesai hari ini (10/01/20), sehingga Senin besok secara resmi Ombudsman Perwakilan Sumbar memiliki tenaga baru. "Teman-teman Calon Asisten akan segera bergabung guna bekerja dengan tim Asisten lainnya. Kita berharap dengan pelatihan induksi ada ekselerasi, serta penyesuaian dunia kerja dengan cara-cara Ombudsman dalam waktu yang tidak lama", jelas Adel. 





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...