• ,
  • - +

Artikel

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ombudsman Pantau Kesiapan Bandara Sentani
• Kamis, 26/03/2020 • Yairus Ambon
 
Kepala Perwakilan Ombudsman Papua mengecek kesiapan Bandara Sentani dalam penanggulangan covid-19. (24/3)

Jayapura - Ombudsman Republik Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Papua sebagai Lembaga Negara yang bertugas mengawasi Pelayanan Publik sesuai amanat Undang-undang 37 Tahun 2008 memantau kesiapan PT. Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura Support di Bandara Sentani Jayapura, sebagai upaya penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Provinsi Papua.

Pada 24 Maret 2020, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua, Iwanggin Sabar Olif bersama tim yang terdiri dari asisten Ombudsman melakukan pamantauan langsung ke Bandara Sentani Jayapura guna melihat kesiapan PT. Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura Suport Bandara Sentani dalam mendeteksi dan mencegah masuknya Virus Corona melalui para penumpang pesawat udara baik keberangkatan maupun kedatangan.

Berdasarkan hasil pantauan Ombudsman, ditemukan bahwa Bandara Sentani Jayapura telah dilengkapi oleh fasilitas yang memadai seperti thermogun, therma scanner, hand sanitizer, ruang isolasi, mobil ambulans, dan juga tim medis yang berasal dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Jayapura dan Kantor Karantina Pertanian Kelas I Jayapura.

Selanjutnya upaya lainnya yang telah dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona, PT. Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura Suport juga telah menandai beberapa kursi di ruang tunggu keberangkatan dengan huruf X agar tidak diduduki oleh para penumpang, dan juga memberikan imbauan melalui pengumuman kepada para penumpang maupun pengantar untuk tidak bersentuhan atau berkumpul dalam kelompok maupun kerumunan.

Menurut petugas PT. Angkasa Pura I, Rotua Sitorus menyampaikan, kendala saat ini yang dialami berupa kekurangan bahanhand sanitizer,masker dan juga masih adanya para penumpang maupun pengantar yang belum mematuhi imbauan untuk tidak berkumpul dalam kelompok maupun kerumunan sebagai pencegahan penyebaran.  

Iwanggin menilai bahwa pihak Otoritas Bandara Sentani telah siap dan tanggap dalam penanganan penyebaran virus corona, "Agar seluruh petugas yang bekerja di Bandara Sentani menjaga diri dari bahaya virus corona, dengan selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai, sebab para petugas beresiko terkena virus tersebut jika tidak berhati-hati", pesannya diakhir kegiatan pantauan tersebut. (ori-papua, ya)





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...