• - +

Artikel

Sambangi Puskesmas S.Parman, Ombudsman Kalsel Gelar PVL On The Spot
ARTIKEL • Jum'at, 13/03/2020 • Ita Wijayanti
 
kepala asisten bidang pencegahan, sopian hadi saat mensosialisasikan Ombudsman kepada pengunjung puskesmas S.Parman

SHARE

Kamis, 12 Maret 2020 - Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan mengadakan kegiatan PVL On The Spot di Puskesmas S. Parman. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan HUT Ombudsman ke-20. Hadir sebagai perwakilan Ombudsman Kalsel: Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalsel, Noorhalis Majid beserta Kepala Asisten Bidang Pencegahan, Sopian Hadi, dan Asisten Bidang Pencegahan, Ita Wijayanti. Adapun PVL On The Spot ini bertujuan untuk menyosialisasikan tugas dan fungsi Ombudsman sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus membuka ruang untuk masyarakat yang datang ke Puskesmas S. Parman untuk melaporkan keluhan mengenai pelayanan publik atau berkonsultasi mengenai pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah.

"Tidak hanya pelayanan di puskesmas ini yang bisa dilaporkan. Pelayanan publik apapun yang diselenggarakan oleh pemerintah, mulai dari pertanahan, pendidikan, infrasturktur, listrik, air, bisa dilaporkan ke Ombudsman dalam kegiatan PVL On The Spot ini", tutur Sopian Hadi.

Dalam kegiatan ini, Ombudsman Kalimantan Selatan juga menyambangi masyarakat yang duduk mengantri untuk berobat ataupun yang duduk mengantri pengambilan obat untuk menjelaskan mengenai Ombudsman beserta tugas dan fungsinya. Dari hasil di lapangan, ditemukan bahwa masih ada masyarakat yang belum mengenal Ombudsman atau hanya sekedar pernah mendengar kata Ombudsman namun tidak mengetahui apa tugas dan fungsinya. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat memahami tugas dan fungsi Ombudsman agar dapat melapor jika megetahui adanya tindakan maladministrasi yang dilakukan oleh pemerintah/BUMN/BUMD ataupun badan swasta yang mengemban misi negara.

Terdapat setidaknya 17 keluhan masyarakat yang disampaikan dalam kegiatan PVL On The Spot di Puskesmas S.Parman yang diselenggarakan pukul 09.00-12.00 WITA. Dari semua keluhan masyarakat tersebut, beberapa telah disampaikan ke tim PVL untuk dilanjutkan pada proses verifikasi materil dan formil.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...