• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Sosialisasikan Eksistensi Ombudsman Melalui Senam Bersama Ombudsman
PERWAKILAN: KALIMANTAN BARAT • Minggu, 14/10/2018 • nurul_istiamuji
 

KBRN, Pontianak: Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Barat terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperkenalkan dan mendekatkan diri dengan masyarakat luas agar masyarakat lebih memahami tugas dan fungsi Ombudsman. Bukan hanya itu, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat juga berupaya menggugah kesadaran dan mendorong sikap kiritis masyarakat untuk melakukan pengawasan pelayanan publik.

"Masih banyak masyarakat yang belum memahami secara jelas akan hak- haknya dalam pelayanan publik. Mereka masih belum mengetahui seperti apa usaha yang dapat dilakukan apabila mereka tidak mendapatkan pelayanan publik sebagaimana mestinya," ungkap Kepala Perwakilan Ombudsman Kalbar Agus Priyadi Minggu (14/10/2018) usai Senam Bersama Ombudsman di Halaman Parkir Mega Mall Pontianak.

Oleh karena itu, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat dengan program partisipasi masyarakatnya terus menyebarluaskan tentang eksistensi dan tugas fungsi Ombudsman serta mendorong peningkatan peran masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalbar Agus Priyadi menuturkan, jika di bandingkan tahun-tahun awal pembentukan, laporan 3 tahün belakangan cenderung

meningkat. Meskipun demikian, hal tersebut belum dapat dijadikan dasar atau tolak ukur bahwa peran serta masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik sudah optimal.

"Dengan bertambahnya insan Ombudsman Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat menjadi 17 orang diharapkan 6 tahun keberadaan Ombudsman di Kalimantan Barat memberi manfaat bagi peningkatan kualitas pelayanan publik," imbuhnya.

Selain itu Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya dalam membantu masyakat untuk memperoleh hak-haknya dalam pelayanan publik prima. Kegiatan peningkatan partisipasi masyarakat dilaksanakan melalui gerai pengaduan masyarakat sosialisasi, training of trainer, pembentukan Sahabat Ombudsman dan desiminasi. Salah satunya adalah melakukan memperingati HUT Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat ke 6.

"Kegiatan ini penting dilaksanakan sebagai wadah sosialisasi kepada masyarakat luas dengan menyediakan beberapa pelayanan langsung di tempat kegiatan. Salah satunya melaksanakan kegiatan dengan judul 'Sehat Bersama Ombudsman

dengan target 2000 orang peserta. Selain senam Zumba, ada Gerai Aduan, SIM Keliling dan Donor Darah," pungkasnya. (Syahrul)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...