• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Saba Desa : Kegiatan Sosialisasi Tematik Pelayanan Publik Desa
PERWAKILAN: JAWA BARAT • Jum'at, 16/03/2018 •
 
foto : Asisten Sartika Dewi memberikan materi terkait Pelayanan Publik Desa dan Kaitannya dengan Peran Ombudsman RI

Bandung, (16/03/2018)- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ombudsman Republik Indonesia yang Ke- 18, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Ombudsman Saba Desa yang ditujukan kepada Kepala serta Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat/Kadus, Babinsa, Babinkam, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), unsur masyarakat, mahasiswa dan warga pada dua desa yang bertempat di Balai Desa Sukasenang Kabupaten Garut. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat dengan Universitas Garut. 

Kegiatan yang mengusung tema Sosialisasi Tematik Pelayanan Publik Desa diadakan pada tanggal 16 Maret 2018. Acara ini akan dihadiri oleh warga gabungan yang terdiri atas berbagai unsur masyarakat dari Desa Sukasenang dan Desa Cikedokan. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan dengan memberikan kesempatan berpartisipasi aktif kepada seluruh masyarakat, unsur mahasiswa melalui kegiatan Diskusi dan Sosialisasi terkait Pelayanan Publik di Desa.

Sebanyak 50 Mahasiswa Universitas Garut dari seluruh jurusan ikut ambil bagian dalam acara ini. Ombudsman Saba Desa merupakan puncak acara kegiatan memperingati HUT Ombudsman RI yang Ke 18 Tahun yang sekaligus bentuk komitmen Ombudsman untuk menyentuh masyarakat pedesaan.

Dalam diskusi ini masyarakat menanyakan terkait mekanisme Laporan yang berlaku di Ombudsman. Masyarakat berharap ada shortcut yang dapat ditempuh untuk melaporkan buruknya pelayanan publik mengingat jauhnya jarak tempuh antara warga Desa Sukasenang maupun Cikedokan dengan Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Asisten Ombudsman RI, Sartika Dewi selaku pemateri menyampaikan bahwa Ombudsman dan Universitas Garut (UNIGA) telah bekerjasama dengan membentuk unit pengaduan yang mempermudah masyarakat khususnya di Kabupaten/Kota Garut dalam menyampaikan Pengaduan terkait buruknya layanan publik. "Nantinya warga Garut dapat menyampaikan keluhan terhadap Pelayanan Publik di Kabupaten Garut dengan mendatangi unit pengaduan yang dibentuk di Universitas Garut (UNIGA)", ungkap Sartika.

Senada dengan itu, Bidang Kerjasama UNIGA Dr.Widaningsih, MSi menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan sinergi dengan Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Barat dalam mendukung peran strategis Ombudsman bagi masyarakat. "Ombudsman memiliki tugas pengawasan yang penting bagi masyarakat dalam menyampaikan keluhan terkait dengan buruknya kualitas pelayanan publik", tegas Wida. Ia menambahkan bahwa peran Ombudsman masih belum terkenal dimasyarakat sehingga perlu dilakukan sosialisasi masif dan tematik.

Diakhir, Masyarakat Desa Sukasenang dan Cikedokan berharap agar Acara Ombudsman Saba Desa dapat dilakukan diseluruh Desa di Jawa Barat. 


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...