• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Jawa Tengah Apresiasi Peran Serta Media Awasi Pelayanan Publik
PERWAKILAN: JAWA TENGAH • Rabu, 07/11/2018 • indra_
 

SHARE

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ombudsman perwakilan Jawa Tengah mengapresiasi peran serta media masa dalam pengawasan pelayanan publik di wilayahnya.

Cukup banyak penindakan yang dilakukannya berawal dari informasi yang diperoleh dari pemberitaan di koran, maupun televisi.

Assisten Ombudsman perwakilan Jawa Tengah, Sabarudin Hulu mengatakan, tugas Ombusman sejatinya sama dengan media masa yaitu mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di masyarakat. Sehingga sinergitas antarkeduanya menjadi hal yang harus dilakukan.

"Jawa Tengah ini pengawasan dari media sangat luar biasa. Sangat memberikan informasi bagi kami untuk memotret pelayanan publik," kata Sabarudin Hulu saat berkunjung ke kantor Tribun Jateng, Rabu (7/11).

Sabarudin Hulu berkunjung ke kantor Tribun Jateng didampingi stafnya bernama Amhar Azet dan Ahmed Benbel. Kedatangan mereka diterima langsung oleh Pimpinan Redaksi Tribun Jateng, Cecep Burdansyah.

Menurutnya Ombudsman memiliki keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melakukan pengawasan publik di kabupaten/kota seJawa Tengah. Oleh sebab itu peran serta media masa sangat membantu Ombudsman dalam mengawasi pelayanan publik.

Seperti di Tribun Jateng, menyediakan kolom khusus layanan publik. Tak jarang penindakan terkait lemahnya pelayanan publik bersumber dari sana, seperti misalnya mobil yang mengangkut sampah.

Di berita tersebut banyak sopir bahkan masyarakat yang mengeluh bolong-bolong pada kontainer mobil truk. Sehingga sampah mudah sekali jatuh berserakan dijalan saat diangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir.

"Kami ambil berita itu dan konfirmasi ke penyelenggara untuk segera dibenahi. Hal seperti ini penting sekali, kolaborasi satu nafas dengan media," ujarnya.

Sabarudin Hulu mengungkapkan, pelayanan publik Jawa Tengah pada 2016 masih berpredikat kuning. Namun kini setelah beberapa instansi diberikan penjelasan berkaitan dengan pelayanan publik yang baik mereka berbenah.

"Pada 2017 mendapat predikat hijau bahkan sekarang memperoleh penghargaan dari KIP," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Assisten Ombudsman perwakilan Jawa Tengah juga menginformasikan akan mengadakan acara refleksi akhir tahun terkait pelayanan publik.

Mengundang berbagai instansi pemerintah dan masyarakat dengan mengambil topik pelayanan publik yang progresif dan partisipatif. Acara rencananya akan berlangsung 22 November 2018 di Hotel Kesambi Hijau, Semarang.

Pimpinan Redaksi Tribun Jateng, Cecep diajak menjadi narasumber dalam acara tersebut. Tawaran sebagai salah satu pembicara pun diterima langsung oleh Pimpinan Redaksi Tribun Jateng dengan rasa terima kasih karena telah dipercaya.

Sabarudin Hulu menjelaskan Tribun Jateng dipilih untuk mengisi acara karena cukup berperan aktif dalam mengawasi pelayanan publik. Salah satunya dengan menyediakan halaman khusus pelayanan publik.



Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...