• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Jateng Investigasi Dispendukcapil Pati
PERWAKILAN: JAWA TENGAH • Kamis, 10/01/2019 • indra_
 

SHARE

Wartapati.com Pati - Ombudsman perwakilan Jawa Tengah menginvestigasi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pati, Rabu (9/1/209). Dalam investigasi kali ini, Ombudsman mengecek sarana dan prasarana untuk pegawai dinas dan pemohon, yakni warga.

Dari sisi kelengkapan sarana, Ombudsman menilai masih banyak kekurangan, seperti ketersediaan tempat antri pemohon. Hal itu tentu mempengaruhi kualitas pelayanan kepada warga.

Dari sisi kinerja, Ombudsman menilai kurang karena banyak faktor yang mempengaruhi, seperti jumlah tenaga, sumber daya manusia dan kesejahteraan pegawai.

Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah Acim Dartasim mengatakan sidak kali ini bermula dari laporan, dimana Kabupaten Pati termasuk dalam Pencanangan Zona Integritas.

"Kita ada laporan bahwa yang diajukan Kabupaten Pati untuk Pencanangan zona Integritas ada tiga, pertama Disdukcapil, RSUD dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Jadi kita ingin lihat awal kondisi sebelum pendampingan. Ini survey kondisi awal," Kata Acim Dartasim.

Melihat kondisi ini, pihaknya akan melakukan pendampingan pada bulan berikutnya. Pendampingan itu guna perbaikan pelayanan dan dievaluasi.

"Dan bulan Mei kami melakukan penilaian seperti apa. Nanti kita pendampingan dari sisi SOP dan kalau penilaian, ya itu yang harus diterima. Bukan kenapa rapor saya kok merah, jangan berpikir itu, semua butuh proses untuk perbaikan kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Pati Rubiyono mengatakan banyak 'pekerjaan rumah' yang harus dibenahi pasalnya tupoksi dari dinas tersebut adalah pelayanan ke publik.

"Kondisi di Pati kan melihat apa yang kurang. Kedepannya Ombudsman ada pendampingan dan apa saja yang dibutuhkan," pungkas Rubiyono.Nug 


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...