• - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman Apresiasi PSC 119
PERWAKILAN: RIAU • Kamis, 12/07/2018 • nurul_istiamuji
 

SHARE

Layanan Public Servis Center (PSC) 119 yang digagas Dinas Kesehatan Kabupaten Padangpariaman mendapat apresiasi dari Ombudsman RI Perwakilan Sumbar. Program yang dikenal Papa Tangkas Gada itu, dinilai sebagai pelayanan kesehatan inovatif.

"Inovasi ini hebat. Ini harusnya dimiliki seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Hanya dengan menghubungi nomor 119, masyarakat bisa mendapatkan pertolongan cepat saat kondisi gawat darurat," kata Plt Ombudsman Sumbar, Adel Wahidi, di Markas PSC 119, Rabu (4/7).

Terlebih, kata Adel, layanan Papa Tangkas Gada itu dilaksanakan Dinkes Padangpariaman 24 jam. Artinya, saat kondisi apapun masyarakat dapat menghubungi ketika membutuhkan pertolongan cepat.

Kepala Dinkes Padangpariaman, Aspinuddin mengatakan, lahirnya Papa Tangkas Gada karena Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni, ingin membuktikan komitmennya memberikan layanan kesehatan yang prima. Aspinuddin menjelaskan, Papa Tangkas Gada bertujuan agar mempercepat waktu respons penanganan korban kegawatandaruratan pra-rumah sakit.

Kemudian, mempercepat proses evakuasi korban ke fasilitas kesehatan terdekat, mencegah kecacatan, dan kematian akibat kegawadaruratan. "Kita mulai Januari 2018. Sampai sekarang, sudah ada sekitar 493 laporan ditanggapi. Kira-kira sebulannya ada 82 laporan," rincinya.

Untuk memaksimalkan layanan PSC 119, imbuh Aspinuddin, pihaknya memiliki 9 operator yang bekerja 3 shif. Selain itu, layanan tersebut terhubung dengan rumah sakit di dalam dan luar Sumbar, bahkan Jakarta. Sehingga, proses rujukan terhadap pasien gawat darurat dapat dilakukan dengan cepat. Apabila mengalami kondisi gawat darurat kesehatan di Padangpariaman, seperti kecelakaan, musibah, serangan jantung, stroke, dan lainnya. (*)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...