• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Ombudsman apresiasi pelayanan haji embarkasi Padang
PERWAKILAN: RIAU • Jum'at, 27/07/2018 •
 

Ombudsman apresiasi pelayanan haji embarkasi Padang

Jumat, 27 Juli 2018 16:39 WIB

Padang, (Antaranews Sumbar) - Ombudsman perwakilan Sumatera Barat mengapresiasi pelayanan haji Embarkasi Padang di Asrama Haji Tabing Padang karena berdasarkan hasil pantauan langsung standar pelayanannya dan fasilitas yang disediakan masuk kategori baik.


"Berdasarkan pantauan kami mulai dari kamar jamaah, kamar mandi, klinik kesehatan, ruang makan hingga pelayanan semuanya bagus," kata Pelaksana Tugas Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar Adel Wahidi di Padang, Jumat.

Ia mengapresiasi fasilitas kamar yang disediakan bisa disetarakan dengan hotel bintang tiga.

"Kasur yang disediakan juga bagus, bahkan juga disediakan sabun, handuk dan lainnya layak di hotel," kata dia.

Tidak hanya itu hingga pemberangkatan kloter X pada Kamis juga tidak dijumpai ada kendala dan laporan.

Semua proses berjalan baik dan petugas dengan maksimal melayani jamaah haji, katanya.

Ia menyampaikan petugas juga perlu diapresiasi karena bekerja nonstop melayani jamaah mulai dari masuk asrama hingga pemberangkatan ke Bandara Internasional Minangkabau.

"Bahkan tak jarang jamaah haji berangkat dini hari dan petugas siap melayani proses pemberangkatan," katanya.

Kemudian prosedur ketika misalnya ada calon haji yang meninggal di Tanah Suci juga jelas agar informasinya segera sampai ke keluarga.

Ia menilai pengorbanan petugas luar biasa karena memberikan pelayanan terbaik bagi orang yang akan beribadah.

Dibanding tahun lalu, pelayanan tahun ini lebih baik dan berharap bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan, katanya.

Sebelumnya Kepala Kementerian Agama wilayah Sumbar Hendri menyampaikan pada tahun ini pihaknya menyiapkan 10 inovasi pelayanan agar jamaah haji lebih nyaman.

Pertama sistem keimigrasian yang lebih cepat, pemakaian QR kode pada gelang jamaah, sistem sewa akomodasi satu musim penuh untuk penginapan.

Kemudian penggunaan juru masak Indonesia, penambahan katering Mekkah, penandaan khusus pada paspor , koper serta tas kabin, pengalihan porsi bagi ahli waris, pencetakan visa oleh Kemenag, penempatan satu konsultan per kloter dan pembentukan tim layanan kesehatan pada puncak ibadah haji.

Hendri menyebutkan total calon jamaah haji yang berangkat melalui embarkasi Padang pada 2018 berjumlah 6.367 terdiri atas 17 kelompok terbang.

Dari 6.367 orang tersebut sebanyak 4.646 orang berasal dari Sumbar dan 1.641 orang Bengkulu serta didampingi 80 petugas haji, kata dia. (*)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...