• - +

Kabar Perwakilan

Jemput Bola Laporan Pengaduan di Wilayah Bogor, Ombudsman RI Jakarta Raya Sediakan Mobil Klinik
PERWAKILAN: DKI JAKARTA • Minggu, 02/12/2018 •
 
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya, Teguh P Nugroho mengatakan, Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya akan menempuh sistem 'jemput bola' terkait laporan warga di wilayah Bogor.

SHARE

TRIBUNNEWS.COM - Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jakarta Raya akan menempuh sistem 'jemput bola' terkait laporan warga di wilayah Bogor.

Hal ini tak lepas dari fakta banyaknya laporan masyarakat mengenai dugaan penyimpangan pelayanan publik dari Kabupaten dan Kota Bogor.

Dilansir dari siaran pers Ombudsman RI, sebanyak 1.600 masyarakat terkena dampak maladministrasi yang digelar oleh penyelenggara pelayanan publik.

"Atas fakta tersebut, kami berencana melakukan jemput bola pengaduan pelayanan publik di wilayah Bogor," ujar Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya, Teguh P Nugroho, Minggu (2/12/2018).

Hal tersebut juga dilakukan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan menangkap lebih banyak aspirasi masyarakat Bogor.

Selama periode Januari - November 2018, Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya telah menerima 33 laporan masyarakat.

Sebanyak 75 persen di antaranya tinggal di Kabupaten Bogor dan sisanya, 25 persen lagi merupakan pengaduan warga dari Kota Bogor.

Penundaan berlarut merupakan jenis maladministrasi yang paling banyak dilaporkan dengan 42 persen.

Kemudian penyalahgunaan wewenang dan penyimpangan prosedur masing-masing berkontribusi sebesar 15 persen.

Adapun Permintaan Imbalan berupa Uang, Barang atau Jasa punya andil 12 persen.

Untuk substansi laporan, isu mengenai pertanahan menempati posisi teratas dengan 30 persen.

Disusul kemudian dengan isu kepolisian (15 persen) dan pendidikan (12 persen).

Dalam hal ini, Pemerintah Daerah dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) menjadi institusi tertinggi yang diadukan oleh masyarakat.

Teguh menilai, laporan masyarakat yang masuk ke Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya merupakan puncak gunung es dari jumlah laporan mengenai penyimpangan pelayanan publik yang sebenarnya lebih besar lagi.

"Boleh jadi banyak masyarakat yang masih belum tahu ke mana harus mengadu atau tidak tahu kalau selama ini menjadi korban maladministrasi."

"Untuk itulah kami hadir langsung ke wilayah Bogor untuk menerima konsultasi atau pengaduan dari warga Bogor," katanya.

Rencananya, Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya akan melakukan kunjungan ke beberapa kantor media massa di wilayah Bogor.

Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya melakukan pertemuan dengan masyarakat dan insan media massa selama dua hari, yaitu mulai Selasa-Rabu (4-5/12/2018).

Adapun pelayanan penerimaan pengaduan keliling dalam sebuah moda bernama "Mobil Klinik" akan beredar di sekitaran Jalan Padjajaran dan Sentul, Bogor.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...