• - +
Rayakan Hari Jadi ke-19 Ombudsman Gelar Seminar Internasional
Kabar Ombudsman • Kamis, 14/02/2019 •
 

SHARE



Rayakan Hari Jadi ke-19 Ombudsman Gelar Seminar Internasional pada 10-12 Maret 2019 di Hotel Palembang, Sumatera Selatan


Palembang - Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik Ombudsman Republik Indonesia menggelar Seminar Internasional dalam rangka merayakan Hari Jadinya yang ke-19 tepat pada 10 Maret 2019. Acara tersebut di gelar pada 10-12 Maret 2019 di Hotel Novotel, Jalan Ilir Tim II, Palembang, Sumatera Selatan ini mengambil tema kegiatan, "A Better Public Service Delivery in The Era Of Disruption".

Ombudsman Republik Indonesia, sepanjang tahun 2016-2018 menerima 27.345 pengaduan dari masyarakat atas dugaan maladministrasi yang terjadi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Peringkat tiga besar dugaan maladministrasi yang diterima adalah penundaan berlarut (undue delay), penyimpangan prosedur dan tidak memberikan pelayanan.

Kegiatan ini didukung Department Of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Australia yang bertujuan membahas topik pelayanan publik di Indonesia ditantang oleh disrupsi (gangguan). Di beberapa negara tetangga, kewenangan Ombudsman tidak hanya dalam rangka mengawas pelayanan publik namun juga berperan dalam upaya pemberantasan korupsi dan juga untuk perlindungan HAM.

Sebagai rangkaian kegiatan, Pada pembukaan akan di gelar Gala Dinner yang dihadiri oleh para narasumber, tamu VIP dan seluruh peserta yang bertempat di Griya Agung Istana Gubernur Sumatera Selatan. Sedangkan dalam sesi pleno diisi oleh Office of The Commonwealth Ombudsman Australia, Thailand Ombudsman dan Dutch Nationale Ombudsman (Belanda) mengambil topik, "Pengalaman Menghadapi dan Menang atas Disrupsi di Sektor Pelayanan Publik yang Terjadi di Negara Masing-Masing" dan dilanjutkan dengan sesi paralel dengan pembicara yang terdiri dari berbagai latar belakang.

Acara ini juga di hadiri oleh peserta dari Internal Ombudsman RI yang terdiri dari Para Anggota, Sekjen dan seluruh insan Ombudsman RI baik dari Pusat maupun Kantor Perwakilan. Selain itu juga mengundang peserta dari negara tetangga di Asia Tenggara, pemda, akademisi, ormas sipil, dan Media Massa.

Hari terakhir sebagai puncak acara ditutup dengan kegiatan Berlayar ke Sungai Musi dengan Kapal oleh seluruh peserta.Agenda selanjutnya diisi dengan kegiatan internal Rapat Kerja Nasional awal Tahun Ombudsman RI. (ORI-Pusat)