• - +
Ombudsman RI Terima Kunjungan 100 Mahasiswa UMY
Kabar Ombudsman • Jum'at, 19/01/2018 • balqis
 

SHARE

Jakarta- Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik Ombudsman RI selain bergerak di bidang Penyelesaian Laporan juga aktif pada langkah pencegahan, salah satunya dengan melakukan sosialisasi. Pada Jumat (19/12) Ombudsman RI menerima kunjungan kerja lapangan dari Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Rombongan diterima langsung oleh Plt Sekretaris Jenderal Ombudsman Hartoyo dan Koordinator Bidang Penyelesaian Laporan Dominikus Dalu. Dalam kesempatan tersebut Dominikus Dalu menyampaian paparan mengenai tugas dan fungsi Ombudsman RI dalam kaitannya dengan pelayanan publik.

"Ombudsman RI sebagai penegak hukum lebih menggunakan cara yang persuasif. Mengajak dan mempengaruhi para penyelenggara layanan untuk memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat," ujar Dominikus di Ruang Ajudikasi Kantor Ombudsman Pusat.

Ia menambahkan dalam penyelesaian laporan masyarakat, Ombudsman melakukan cara klarifikasi, mediasi, rekonsiliasi dan rekomendasi. Selain menerima pengaduan dari masyarakat juga melakukan investigasi atas inisiatif sendiri terhadap dugaan maladministrasi pada pelayanan publik. Nantinya hasil dari investigasi atas inisiatif sendiri ini adalah saran bagi penyelenggara layanan.

Sementara itu, Plt Sekjen Ombudsman Hartoyo menyampaikan apresiasi atas kedatangan para mahasiswa Fakultas Hukum UMY. "Terima kasih atas usahanya sudah datang jauh-jauh ke Jakarta untuk lebih mengenal Ombudsman. Kami senang sekali karena hari ini setidaknya ada 100 orang yang semakin mengenal Ombudsman RI," ujarnya.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...