• - +
Ombudsman Gelar Peringatan 10 Tahun UU Nomor 37 Tahun 2008
Siaran Pers • Selasa, 09/10/2018 • anita_widyaning
 

SHARE

JAKARTA - Lembaga Negara pengawas pelayanan publik Ombudsman RI menggelar forum diskusi Kilas Balik 10 Tahun Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman. Forum ini membahas sejauh mana perjalanan Ombudsman selama 10 tahun terakhir dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.

Anggota Ombudsman RI Alvin Lie mengatakan latar belakang acara ini diselenggarakan adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Ombudsman terhadap kualitas pelayanan publik. Baik itu bagi penyelenggara pelayanan publik dan masyarakat sebagai penerima pelayanan publik.

"Kita perlu tahu dari Pak Antonius Sujata (Ketua Komisi Ombudsman Nasional yang pertama) bagaimana pada waktu itu meyakinkan Alm. Presiden Gusdur hingga mengeluarkan Perpres hingga Keppres," ujarnya, Senin (8/10).

Alvin menambahkan forum ini juga ingin memaknai urgensi apa yang mendorong Alm. Presiden Gusdur untuk membentuk KON dan mengapa ditingkatkan menjadi lembaga Ombudsman. "Kita juga ingin melihat apakah Ombudsman saat ini sudah selaras atau malah menyimpang dengan misi para pembuat Undang-Undang saat itu," ucapnya.

Kilas balik 10 Tahun UU Nomor 37 Tahun 2008 ini, menurut Alvin diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada Insan Ombudsman untuk mengetahui dan memahami tentang latar belakang, sejarah dan kiprah Ombudsman.

Selain diskusi, pada acara ini juga akan dilakukan peresmian Auditorium Antonius Sujata sebagai bentuk apresiasi Ombudsman atas jasa Bapak Antonius Sujata selaku pendiri dan Ketua Komisi Ombudsman Nasional periode 2000 - 2011.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...