• - +
Lebih Dekat Dengan Ombudsman Melalui Media Gathering
Kabar Ombudsman • Kamis, 28/06/2018 •
 

SHARE

BOGOR - Untuk meningkatkan jangkauan komunikasi serta menjalin koordinasi kegiatan dengan para awak media dan jejaring, Ombudsman RI menyelenggarakan media gathering di Bogor pada 24-26 Juni 2018.

Anggota Ombudsman Alvin Lie menjelaskan tentang terminologi, proses penyelesaian laporan di lingkungan Ombudsman RI dan produk yang dihasilkan Ombudsman serta istilah-istilah ke-Ombudsman-an yang belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat. "Acara ini bertujuan untuk membekali rekan media terkait Ombudsman yang mungkin sebelumnya masih belum jelas. Misalnya masih sering menyebut komisioner padahal yang benar anggota Ombudsman,"ujarnya.

Dirinya menambahkan dalam berbagai wawancara dengan media, yang masih dikejar adalah terntang rekomendasi Ombudsman. "Ini perlu diperjelas, untuk mengeluarkan rekomendasi proses panjang karena hukumnya wajib untuk dilaksanakan," jelas Alvin.

Menurut Alvin, Ombudsman bisa bekerja jika ada partisipasi aktif dari masyarakat untuk mengawasi pelayanan publik. "Untuk itu Ombudsman membentuk komunitas pengawas pelayanan publik. Harapan kami jurnalis yg hadir semoga berkenan menjadi jurnalis peduli pelayanan publik. Media semakin kritis mengawasi pelayanan publik, informasi yg masuk ke Ombudsman semakin lengkap," terangnya.

Ombudsman dalam dua tahun terakhir telah berupaya meningkatkan jangkauan komunikasi salah satunya dengan menggelar Ngopi bareng media.

Selain itu juga dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial dan website sehingga kegiatan Ombudsman bisa diketahui oleh masyarakat dan mempermudah pewarta media untuk mendapatkan informasi awal tentang Ombudsman.

"Tantangan kami adalah rendahnya pengetahuan masyarakat tentang Ombudsman," ungkap Alvin.

Senada, Ketua Ombudsman Prof Amzulian Rifai mengatakan peran media sangat penting dalam mengawasi pelayanan publik. "Komponen media tentu sangat penting. Lembaga mana pun sangat berkepentingan terhadap media untuk mensosialisasikan lembaganya. Saya atas nama Ombudsman memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada peserta media gathering,"ujarnya kepada 70 orang peserta dari berbagai media di Jakarta, Bogor, Bandung, Banten serta jejaring Ombudsman dan Insan Ombudsman. (awp)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...