• - +
Disaksikan Ombudsman, Polri lakukan MoU dengan BRI soal SKCK online
Kliping Berita • Kamis, 22/03/2018 • rezky_septianto
 
Komjen Pol Luthfi lubihanto. ©2018 Merdeka.com/Nur Habibie

SHARE

Merdeka.com - Baintelkam Polri melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) terkait pelayanan publik dalam membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). MoU dilakukan di Ballroom Tiara, Hotel Crowne Plaza, Jakarta Selatan, Kamis (22/3).

Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Luthfi lubihanto mengatakan, pelayanan publik Polri sudah tersebar di beberapa unit kerja, salah satunya seperti di Baintelkam. Kegiatan layanan publik itu berupa pemberian atau penerbitan SKCK yang punya nilai strategis dan dibutuhkan publik.

"Kebutuhan publik atas SKCK sangat dirasakan sekali, apalagi bagi WNI yang mau bekerja atau usaha atau sedang berproses mendapatkan status kenaikan, atau sedang dalam proses pendidikan," kata Lutfhi.

Selain SKCK pelayanan publik lainnya juga terkait pengawasan senjata api, termasuk pengawasan bahan peledak.

"Kita selalu berusaha meningkatkan pelayanan publik, baik itu mekanisme prosedur pelayanan termasuk kemudahan akses. Salah satunya dengan pelayanan SKCK online. Hari ini launching kemudahan akses itu dalam kewajiban PNBP," ucapnya.

Menurutnya, bukan hanya Polri dan BRI saja yang memberikan pelayanan publik. Tapi juga Ombudsman punya kewenangan penilaian atau penelusuran pelayanan publik secara mandiri karena dalam MoU ini juga dihadiri oleh pihak Ombudsman.

"Pemeriksaan mandiri secara bertahap, secara terukur diinfokan ke kementerian, lembaga untuk dapat perhatikan peningkatan pelayanan publik," tuturnya.

"2017 kita dapat info dari Ombudsman ada beberapa hal tercatat dari pengaduan masyarakat, beberapa catatan mengenai proses pembayaran. Transaksi keuangan yang dianggap melebihi dari aturan yang ditetapkan dan juga pelayanan publik dari akses penerimaan masyarakat dan waktu pelayanan," sambungnya.

Pihaknya bersama BRI dan Ombudsman bertekad untuk terus meningkatkan pelayanan publik. Pihaknya menilai masyarakat saat ini tak seluruhnya memiliki kesabaran dalam hal pelayanan publik.

"Ini referensi untuk memacu diri untuk memberi pelayanan terbaik. Akan ada kerjasama BRI untuk memperluas selain SKCK, juga pelayanan publik lainnya seperti penerbitan kartu senjata bisa kerjasama untuk lakukan pembayaran online," tandasnya.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...