• - +
AoRA, Aplikasi Percepat Pencarian Arsip Laporan Masyarakat
Kabar Ombudsman • Kamis, 31/05/2018 •
 

SHARE

JAKARTA - Bagian Pelayanan Laporan Sekretariat Jenderal Ombudsman RI berhasil menciptakan AoRA (Archive of Report Application) sebuah aplikasi untuk memudahkan pencarian arsip laporan masyarakat.

Kepala Biro Administrasi dan Sistem Informasi Laporan, Dwi Ciptaningsih mengatakan aplikasi ini juga memudahkan proses simpan pinjam arsip laporan masyarakat yang terhubung dengan masing-masing email peminjam. "Teknis penggunaan AoRA diawali dengan pemasangan barcode pada waktu registrasi laporan pengaduan masyarakat, yang kemudian discan untuk direkam dalam aplikasi ini," terangnya, Kamis (31/5).

Dwi menyebutkan, AoRA diciptakan pada tahun 2017 dan mulai digunakan pada April 2017 di Kantor Ombudsman Pusat dan tujuh Kantor Perwakilan yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Barat, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

"AoRA sangat dibutuhkan karena arsip pengaduan/laporan masyarakat yang masuk ke Ombudsman dinilai penting sebagai arsip substansi ORI. Tahun Anggaran 2018 Bagian Pelayanan Laporan mengalokasikan anggaran untuk mengadakan bimbingan teknis," imbuh Dwi.

Bimbingan teknis pembekalan, penggunaan dan penerapan AoRA telah dilaksanakan pada 22-25 Mei 2018 di Jakarta. Bimbingan teknis diikuti oleh sebelas orang peserta dari Perwakilan Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Sumatra Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Barat. (dc)





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...